Sukses

Dapat Mengontrol Gula Darah, Inilah 5 Manfaat Buah Goji Berry untuk Kesehatan

Kaya akan nutrisi, buah goji berry memiliki berbagai macam manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Goji berry adalah buah lokal asal Asia, orang-orang di Asia telah menggunakan buah berwarna indah ini selama lebih dari 2.000 tahun sebagai bumbu penyegar dan suplemen makanan. Buah ini biasa disebut juga Lycium Barbarum.

Dilansir Dr Health Benefits, Senin (1/11/2021), Goji berry umumnya tersedia di toko makanan kesehatan. Terlebih lagi baru-baru ini, orang telah mengenal goji berry dengan berbagai manfaat medis yang potensial.

Para ilmuwan telah meneliti manfaat medis dari goji berry, karena prevalensi produk organik kecil ini telah berkembang. Manfaat yang ditunjukkan mulai dari dampak anti-aging hingga regulasi glukosa dan dukungan fungsi kekebalan.

Berikut lima manfaat buah goji berry untuk kesehatan:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Goji berry telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah penyakit dan penyakit dan biasanya meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian selama 30 hari pada 60 orang dewasa, ketika mereka minum 120 ml jus goji berry setiap hari dapat meningkatkan sel kekebalan tubuh dan secara umum juga meningkatkan perasaan bahagia. Sedangkan dalam penelitian 3 bulan pada 150 orang dewasa, suplemen goji berry dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap flu.

3 dari 7 halaman

2. Sebagai Anti-Aging

Penguatan sel seperti yang ada di goji berry dapat membantu melawan penuaan dengan menjaga radikal bebas agar tidak merusak kolagen di kulit. Beberapa penelitian kecil juga menunjukkan bahwa konsentrat goji berry dapat membantu menunda siklus penuaan dalam sel. Selain itu, mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan zat pencegah kanker juga dianggap dapat membantu mencegah penuaan dini.

4 dari 7 halaman

3. Mengontrol Gula Darah

Dalam uji tabung dan penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa konsentrat goji berry dapat secara efektif mempengaruhi kontrol glukosa. Selain itu, dalam penelitian juga memberikan konsentrat polisakarida goji berry kepada tikus dengan diabetes tipe 2 selama sekitar satu bulan.

Para analis menemukan bahwa kadar glukosa darah berkurang pada hampir 35 persen pada hewan pengerat. Hewan pengerat dengan diabetes tipe 2 yang makan goji berry setiap hari selama tiga minggu memiliki kadar glukosa yang lebih rendah setelah makan serta meningkatkan pengaruh insulin.

Hasil konstruktif pada glukosa ini jelas terkait dengan aktivitas pencegahan kanker dari ekstrak goji berry. Studi telah menunjukkan bahwa ekstrak goji berry memajukan pengaruh insulin dengan memperluas asimilasi glukosa ke dalam sel melalui partikel pembawa GLUT4 dan dengan meningkatkan pelepasan insulin oleh pankreas.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa mengonsumsi konsentrat goji berry dapat secara efektif mempengaruhi kadar kolesterol. Ketika kelinci dengan kolesterol tinggi diobati dengan ekstrak goji berry selama sepuluh hari, kadar kolesterol dan minyak lemak mereka berkurang dan kolesterol HDL baik mereka meningkat. Para peneliti mengatakan peningkatan kadar kolesterol kemungkinan disebabkan oleh polisakarida penguat sel dan nutrisi dalam ekstrak goji berry.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Goji berry dapat meningkatkan kesehatan mata dan memastikan gangguan penglihatan seperti degenerasi makula dan kondisi mata reformis yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Sebuah studi 90 hari pada 150 orang dewasa, menemukan bahwa suplemen dengan goji berry meningkatkan tingkat penguatan sel darah, sehingga dapat mencegah hipopigmentasi makula dan mengurangi penyimpanan protein berminyak di bawah retina.

Buah goji berry juga diperkaya dengan penguat sel seperti zeaxanthin yang dapat membantu mengamankan lensa dan retina dari bahaya. Itulah lima manfaat buah goji berry untuk kesehatan tubuh. Ingin mencobanya?

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.