Sukses

Suami Harus Melek Kesehatan Reproduksi Istri, Apa Pentingnya?

Kesehatan reproduksi menjadi hal penting bagi pasangan suami istri

Liputan6.com, Jakarta - Suami diharapkan mendorong istri agar melakukan tes kanker rahim. Hal itu dianggap penting agar kesehatan reproduksi istri tetap terjaga.

Menurut Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan, keterlibatan suami terhadap kesehatan reproduksi agar mengingatkan kembali pentingnya hal tersebut kepada istri.

"Terkadang istri kurang aware atau enggan melakukan tes IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat Test untuk mengetahui apakah ada potensi kanker pada organ reproduksinya," ujar Lina di Bandung, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Lina menuturkan IVA TEST merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Mengecek Kesehatan Reproduksi

Lina menyebutkan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi penting dimiliki masyarakat perkotaan yang karakteristik warganya cenderung sibuk dan kadang melupakan kesehatan.

"Tes IVA diketahui tidak sakit. Di daerah perkotaan jadi tantangan luar biasa bagi PKK," kata Lina.

Untuk itu Lina meminta Kader PKK agar gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan reproduksi perempuan.

 

3 dari 4 halaman

Pola Asuh Anak dan Remaja

Tak kalah penting dengan kesehatan reproduksi, Lina juga mengingatkan kader PKK juga perlu mengedukasi masyarakat mengenai PAAR atau Pola Asuh Anak dan Remaja terutama di masa pandemi COVID-19.

"Belajar daring dan pembatasan aktivitas telah menempatkan remaja pada posisi rentan seperti stres, kekerasan dalam rumah tangga, kecanduan gawai, hingga pernikahan dini," kata Lina

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Poin Penting Cegah Penularan Covid-19 pada Anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.