Sukses

Satu-satunya dari Indonesia, Taruna Ikrar Terpilih Pimpin Konsil Dokter Internasional

Ilmuwan Indonesia, Taruna Ikrar baru saja terpilih memimpin Konsil Kedokteran Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan asal Indonesia, Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, PhD baru saja terpilih menjabat sebagai Director of Members-at-Large di International Association of Medical Regulatory Auhtorities (IAMRA) atau Konsil Kedokteran Internasional.

Taruna yang mewakili Indonesia, terpilih secara aklamasi saat Kongres IAMRA Members of General Assembly 2021, yang digelar secara virtual pada Selasa 26 Oktober 2021 pukul 11.00, waktu Washington DC, Amerika Serikat. Hadir pada acara tersebut 200 anggota IAMRA dari seluruh dunia.

Saat ini, Taruna menempati kursi Ketua Konsil Kedokteran dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) periode 2020 – 2025. Setahun menjabat Ketua Konsil Kedokteran, ia langsung dipercaya oleh organisasi dunia yang mengatur regulasi kedokteran dunia.

Melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 28 Oktober 2021, Taruna didapuk menjadi Director of Members-at-Large IAMRA untuk masa jabatan 2021 - 2024. Terpilihnya Taruna sebagai Director of Members-at-Large adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

Taruna merupakan ilmuwan dan dokter yang penemuan dan penelitiannya telah diakui di kancah internasional, serta digunakan pada dunia medis. Ia adalah seorang dokter, ilmuwan, dan pendidik biomedis.

Selain biomedis, Taruna Ikrar juga merupakan pakar di bidang farmakologi, kardiologi, dan neurologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Regulasi Kesehatan

Pada salah satu forum IAMRA, yakni Pertemuan Tingkat Tinggi Seluruh Konsil Kedokteran Sedunia yang berlangsung pada 12 Oktober 2021, Taruna memberikan pidato bertema, The Urgency of Medical Regulation in an Era of Globalization.

Di dalam pidato tersebut, Taruna menyampaikan, betapa pentingnya regulasi kesehatan pada era globalisasi.

"Dalam era ini, kita (kedokteran dari seluruh dunia) saling membutuhkan untuk mengembangkan banyak hal dari kesempatan yang ada dan juga untuk menghadapi tantangan zaman," ucapnya.

Dengan demikian, terpilihnya Taruna sebagai Director of Members-at-Large pada IAMRA, diharapkan kedokteran dunia dapat berjalan bersama pada era globalisasi ini.

Menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia, bahkan terpilih Director of Members-at-Large merupakan bukti nyata putra bangsa Indonesia dapat bersaing dan dipandang di mata internasional, terlebih lagi di dunia kedokteran.

3 dari 4 halaman

Dorong Praktik Regulasi Medis

Adapun tanggung jawab dan tugas umum yang diemban Taruna Ikrar sebagai Director of Members-at-Large IAMRA, antara lain:

  • Mengelola properti, urusan, dan pekerjaan IAMRA sesuai dengan Article of Incorporation dan Bylaws yang berlaku
  • Mewakili IAMRA sesuai dengan permintaan Chair pada organisasi lain
  • Menjadi wakil IAMRA dalam mempromosikan upaya-upaya IAMRA untuk memenuhi tujuannya
  • Memberikan laporan kegiatan kepada anggota dan mitra pada Members General Assembly

IAMRA adalah sebuah organisasi yang mendukung otoritas regulasi medis dunia. Melalui kegiatan ilmiah, pendidikan, dan kolaborasi, IAMRA mendorong praktik terbaik para otoritas regulasi medis di dunia untuk menjawab tantangan saat ini dan yang akan datang.

IAMRA beranggotakan konsil-konsil kedokteran dari seluruh dunia. Totalnya, terdapat 192 negara yang tergabung sebagai anggota (member). Dari Indonesia, Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) adalah satu-satunya yang terdaftar sebagai anggota.

Tujuan utama IAMRA adalah mendukung otoritas pengatur medis untuk mencapai praktik terbaik. Selanjutnya, IAMRA juga mempromosikan regulasi medis yang efektif di seluruh dunia, serta mendorong dan memfasilitasi kerja sama dan pemahaman internasional.

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Pilih Masker Medis Asli dan Aman Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.