Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Inilah 5 Manfaat Masturbasi, Salah Satunya Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Masturbasi telah lama terkenal dengan ragam manfaatnya. Tak hanya memberikan kesenangan, masturbasi juga bisa meningkatkan gairah seks lho

Liputan6.com, Jakarta Masturbasi telah lama terkenal dengan ragam manfaatnya. Tak hanya bisa memberikan kesenangan, masturbasi juga dinilai bisa meningkatkan gairah seks lho. Lalu, kira-kira apa ya yang membuat masturbasi begitu bermanfaat?

"Ketika orgasme, bagian pada otak yang memproses kesenangan itu diaktifkan. Semua sensor kesenangan di otak menjadi bekerja dan saraf-saraf di panggul juga memancarkan pesan tersebut ke otak," ujar seksolog dr. Jessica O'Reilly dikutip Elite Daily, Kamis (28/10/21).

Berbagai saraf di tubuh juga ikut bereaksi saat seseorang mengalami orgasme. Terlebih, masturbasi pun dapat membantu menyeimbangkan hormon stres. Itulah mengapa selama ini masturbasi dianggap begitu bermanfaat.

Namun tak berhenti di situ, karena kesenangan fisiologis dari masturbasi bukanlah satu-satunya manfaat dari masturbasi. Berikut beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Hubungan seks lebih baik

"Salah satu cara memiliki seks yang memuaskan adalah dengan melakukan masturbasi terlebih dahulu. Dari sana, Anda bisa mencari tahu apa yang benar-benar Anda sukai. Kebanyakan wanita pun belajar untuk orgasme saat melakukan masturbasi," ujar Jessica.

Jessica mengungkapkan, mereka yang melakukan masturbasi menunjukkan tingkat respons orgasme yang lebih tinggi saat berhubungan seks dengan pasangannya dan kepuasan seksual pun menjadi lebih besar.

2. Tidak ada tekanan

Terapis perkawinan dan keluarga Luke Thao menjelaskan bahwa masturbasi bisa terasa begitu menyenangkan karena Anda tidak perlu menjelaskan apapun pada orang lain. Anda pun tidak merasa ada tekanan untuk menjelaskan atau mencapai orgasme dengan cepat.

"Seks dengan pasangan memang bisa sangat menggairahkan, tetapi juga bisa menciptakan tekanan atau kecemasan. Itu terkadang membuat seseorang sulit orgasme. Sedangkan, masturbasi sendiri terasa menyenangkan karena Anda lebih bebas," kata Luke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tingkatkan gairah seks

Apabila Anda merasa libido sedang menurun, maka luangkanlah waktu untuk melakukan masturbasi. Mengingat masturbasi sangatlah penting untuk meningkatkan gairah dalam banyak hal. Masturbasi pun membantu Anda untuk memahami tubuh dan reaksi kita sendiri.

"Kesenangan yang didapatkan dari masturbasi kemungkinan dapat meningkatkan libido Anda. Saat tubuh Anda melakukan pelepasan dopamin dan endorfin, Anda lebih mungkin untuk mengalami peningkatan gairah untuk berhubungan seks," ujar Jessica.

4. Orgasme yang lebih kuat

"Masturbasi dapat mengencangkan otot-otot dasar panggul Anda yang dapat meningkatkan intensitas dan kemudahan untuk orgasme. Dasar panggul Anda diaktifkan selama orgasme, jadi menjaganya agar tetap kuat akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai titik klimaks saat berhubungan seks," kata Jessica.

5. Kesehatan mental

Organ lainnya yang diuntungkan ketika masturbasi adalah otak. Jessica mengungkapkan bahwa masturbasi dapat membuat otak Anda terasa lebih baik bahkan menerangi pusat otak dengan kesenangan.

"Masturbasi dapat membantu seseorang untuk lebih rileks, menghilangkan stres, dan tidur malam yang lebih nyenyak. Terlebih, itu semua dapat bermanfaat pada kehidupan seks Anda," ujar Jessica.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.