Sukses

Fakta Menarik Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman Bersama NUVO Family

NUVO Family, rangkaian produk perawatan tubuh dan kesehatan keluarga andalan dari Wings Group Indonesia resmi meluncurkan kampanye terbaru bertajuk "NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman".

Liputan6.com, Jakarta NUVO Family, rangkaian produk perawatan tubuh dan kesehatan keluarga andalan dari Wings Group Indonesia pada hari Rabu (27/10) resmi meluncurkan kampanye terbaru bertajuk "NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman". 

Melalui kampanye ini, NUVO Family bersama sejumlah mitra ingin meningkatkan kesadaran masyarakat serta kembali mengedukasi tentang pentingnya memberikan perlindungan diri dengan menjaga sanitasi seperti membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjalani perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Kampanye ‘NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman’ digagas NUVO Family sekaligus dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Tidak hanya sekedar menyuarakan aksi melalui edukasi dan kerja sama dengan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan RI, UNICEF Indonesia, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya, NUVO juga turun langsung berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi.

Berikut ini sejumlah fakta menarik tentang ‘Indonesia Bergerak Lawan Kuman’ bersama NUVO Family.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ada 3 dari 5 Sekolah Tidak Memiliki Akses Kebersihan Dasar

Kampanye ‘NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman’ dilatarbelakangi oleh masih kurangnya askes kebersihan dasar dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan kebiasaan mencuci tangan dan pola hidup bersih.

Menurut data UNICEF, di Indonesia baru 78% rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi atau cuci tangan, dimana Papua dan NTT adalah proporsi rumah tangga yang memiliki sarana terendah sebesar 36% dan 54%. Demikian pula halnya yang terjadi di sekolah, dimana 3 dari 5 sekolah tidak memiliki akses ke kebersihan dasar. Akibatnya, 10 juta anak Indonesia diperkirakan tidak dapat melakukan cuci tangan secara konsisten. 

Padahal selain dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19, mencuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah penyakit lainnya, seperti penyakit diare dan juga pneumonia. Sehingga, sangat penting bila kita semua saling bekerja sama untuk menjadikan cuci tangan pakai sabun di air mengalir menjadi sebuah kebiasaan sejak dini.

Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia mengatakan di tengah pandemi dengan kondisinya yang tidak menentu, upaya menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci akan kesehatan yang sekiranya dapat dipupuk menjadi sebuah kebiasaan baik sejak dini pada masyarakat, termasuk pada usia anak sekolah dasar.

"Selama beberapa tahun terakhir dan masih berjalan hingga sekarang, Wings Group bekerja sama dengan UNICEF Indonesia senantiasa mempromosikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan,” kata Gabriella.

Gabriella menambahkan sejak awal Wings Group hadir di tengah masyarakat, pendidikan dan kesehatan memang menjadi fokus utama perusahaan. Hal ini dilandasi rasa percaya bahwa all good things in life should be accessible for all, demikian pula kehadiran NUVO dengan kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman.

"Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman ini merupakan jawaban untuk memperkuat tujuan kami dalam mengedukasi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir khususnya bagi anak-anak dan keluarga Indonesia,” ujar Gabriella da Silva.

3 dari 6 halaman

2. NUVO Family Bangun Fasilitas Sanitasi 150 Titik di 3 Provinsi

Untuk memperkuat tujuan dalam mengedukasi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir khususnya bagi anak-anak dan keluarga Indonesia, NUVO turun langsung berpartisipasi dalam pengadaan fasilitas sanitasi di 150 titik di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pengadaan fasilitas tersebut sekaligus merupakan bukti nyata dukungan NUVO baik kepada pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan, maupun kepada masyarakat dalam komitmen membangun bangsa yang lebih sehat.

Gabriella menyampaikan NUVO sebagai total protection solutions dengan rangkaian produk seperti NUVO Body Wash, NUVO Hand Soap, NUVO Hand Sanitizer dan NUVO Wet Wipes selalu berkomitmen untuk membantu mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan terlindungi selama 24 jam setiap hari. 

“Kami berharap agar implementasi perilaku hidup bersih sehat semakin maksimal dan merata – demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Karena jelas jika kita menjaga kebersihan diri – kita bisa lebih menjaga kesehatan diri dan keluarga, sehingga bisa menjadi semakin produktif menjalani hari-hari,” ungkapnya.

4 dari 6 halaman

3. NUVO Distribusikan Safe School Kits ke 5000 Sekolah

Selain berkontribusi membangun fasilitas cuci tangan di 3 Provinsi Indonesia melalui NUVO, Wings  dan UNICEF sebagai bagian dari “Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (PPP-HWWS)” juga turut mendistribusikan safe school kits kepada 5000 sekolah dan madrasah di 6 provinsi wilayah kerja UNICEF (Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, Papua). 

Muhammad Zainal, Spesialis WASH UNICEF Indonesia mengatakan pandemi COVID-19 menyadarkan kita akan pentingnya perilaku hidup bersih, khususnya cuci tangan pakai sabun.

"Mencuci tangan pakai sabun bukan hanya efektif mencegah penularan penyakit tetapi juga investasi cerdas untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi kejadian penyakit di masa yang akan datang dan dapat menghemat biaya kesehatan sampai 15 kali," kata Muhammad Zainal.

Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman juga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan RI, dalam hal ini diwakilkan oleh dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO., Direktur Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

 

5 dari 6 halaman

4. NUVO Family Gandeng Melanie Putria

Dalam kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman, NUVO juga mengumumkan penunjukkan Melanie Putria, mantan Puteri Indonesia dan pelari profesional sebagai Campaign Ambassador NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman. 

Bersama dengan NUVO, Melanie akan memberikan edukasi serta mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli akan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

“Setiap hari saya dan keluarga selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumah. Ketika saya mendapatkan kesempatan untuk menjalankan gerakan mulia ini, saya langsung merasa terpanggil. Saya teringat kalau sedang traveling ke daerah-daerah di Indonesia, terutama Indonesia Timur yang sangat indah, sangat disayangkan infrastruktur dan sarana sanitasi umum mereka yang masih kurang memadai," kata Melanie.

Menjadi Campaign Ambassador NUVO, Melanie mengaku sangat mengapresiasi langkah NUVO yang menyelenggarakan kampanye terbaru "NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman".

"Saya tidak sabar untuk segera mengunjungi daerah tujuan kampanye NUVO serta turut mengedukasi masyarakat di sana untuk melakukan pola hidup bersih sehat,” ujar Melanie.

 

6 dari 6 halaman

5. Melanie Ajak Masyarakat Bijaksana Gunakan Air Bersih

Ketidakmerataan akan kesediaan akses air bersih memang masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Oleh karena itu, Melanie juga menghimbau kepada masyarakat yang masih diberikan kemudahan akan air bersih, harus belajar untuk menggunakannya dengan bijaksana.

“Meski kita harus bijak menggunakan air bersih, pola hidup bersih dan sehat jangan pernah diabaikan ya. Kita bisa mandi rutin dengan NUVO Body Wash dan cuci tangan pakai NUVO Hand Wash. Jika sedang di luar rumah dan tidak ada aliran air, kita bisa gunakan NUVO Hand sanitizer atau NUVO Wet Wipes untuk tetap menjaga kebersihan. Yuk, mulai biasakan diri kita dan keluarga untuk menjaga kebersihan diri setiap saat,” tutup Melanie.

Simak keseruan perjalanan Melanie dan info lebih lanjut tentang kampanye NUVO Indonesia Bergerak Lawan Kuman hanya di akun Instagram @nuvo_family #indonesiabergeraklawankuman

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.