Sukses

Sebelum Meninggal Oddie Agam Sempat Jalani Cuci Darah, Tindakan Medis Seperti Apa Itu?

Cuci darah atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah hemodialisis sempat dijalani Oddie Agam sebelum meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Legenda musik Tanah Air, Oddie Agam meninggal dunia pada Rabu, 27 Oktober 2021 setelah mendapat perawatan di ICU RS Persahabatan Jakarta.

Sebelum masuk rumah sakit Oddie Agam sempat memiliki masalah pada ginjal. Penyanyi 68 tahun ini pun menjalani cuci darah seperti disampaikan sang istri Almafilia.

“Jadi yang masalah itu ternyata ginjalnya," ucap Almafilia mengutip Showbiz Liputan6.com.

Cuci darah atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah hemodialisis. Tindakan ini merupakan salah satu cara untuk membantu organ ginjal tetap bisa bekerja dengan bantuan alat.

Alat hemodialisis tidak bisa menggantikan fungsi ginjal seutuhnya, tindakan ini dapat membantu ginjal membuang zat sisa yang menjadi racun bagi tubuh seperti mengutip Klikdokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlangsung Sekitar 4 Jam

Hemodialisis berlangsung sekitar empat jam. Hal tersebut terdiri dari proses penyaringan atau pembersihan darah melalui suatu alat, dan kemudian darah yang telah disaring tersebut dikembalikan lagi ke dalam tubuh.

Proses hemodialisis diawali dengan perawat menusukkan jarum ke lengan pasien. Besar jarum mirip dengan jarum yang digunakan saat mendonorkan darah. Selebihnya tak ada hal lain yang dirasakan.

Selama prosedur berlangsung, pasien dapat menonton televisi, main game, makan, atau melakukan hal menyenangkan lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.