Sukses

6 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Jahat Bagi Tubuh

Makanan sehat berikut ini ternyata dapat berdampak buruk bagi tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa apa pun yang berlebihan tidaklah baik. Hal ini juga berlaku pada buah-buahan dan sayuran yang merupakan makanan sehat.

Tanpa kita sadari, deretan makanan sehat ternyata bisa sama berbahayanya dengan makanan tinggi gula dan garam, dan berefek buruk bagi tubuh. Di antaranya dapat menyebabkan gangguan pencernaan, peningkatan gula darah, hingga kekurangan zat gizi.

Dikutip dari Bright Side pada Kamis, 28 Oktober 2021, berikut enam 'makanan sehat' yang dapat berubah dari teman menjadi musuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pisang

Pisang adalah buah yang dikenal akan sumber karbohidrat dan vitamin A. Akan tetapi, makan terlalu banyak pisang ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Sama seperti gula, buah ini bisa menghasilkan bakteri perusak gigi yang merusak enamel gigi. Anda juga mungkin mengalami sakit kepala karena pisang matang mengandung tyramine yang tinggi yang dapat menjadi pemicu migrain.

2. Oat

Menyantap oat secara berlebihan memungkinkan Anda untuk mengalami masalah kembung dan buang air besar.

Terlebih lagi, oat membatasi penyerapan kalsium, magnesium, dan seng. Juga menyebabkan penambahan berat badan.

Kabar baiknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala sembelit dapat dikurangi secara signifikan dengan menurunkan asupan serat makanan.

3 dari 4 halaman

3. Keju

Selain menyebabkan jerawat, porsi besar keju dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Hal itu karena jenis makanan ini tinggi akan lemak jenuh yang terkenal menyebabkan penyakit jantung koroner.

Keju juga sering menyebabkan mulas karena hormon yang disebut cholecystokinin, yang dilepaskan saat makan.

4. Nasi

Meskipun nasi itu enak dan menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya ternyata sangat sedikit.

Nasi dapat menghilangkan vitamin lain yang berasal dari lauk atau sayur yang ikut dimakan. Serta membuat tingkat insulin Anda melonjak.

Parahnya, nasi dapat menyebabkan kinerja mental yang lebih buruk karena paparan arsenik tingkat rendah.

4 dari 4 halaman

5. Brokoli

Brokoli mengandung tiosianat yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut, wajah kembung, dan konsekuensi lainnya.

Brokoli juga dapat menyebabkan hidung tersumbat dan memicu alergi lain, seperti ruam kulit atau gatal-gatal.

Sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari 4 cangkir sehari.

6. Blueberry

Blueberry diketahui dapat menurunkan glukosa darah di bawah normal yang berbahaya bagi penderita diabetes. Buah ini juga dapat mengencerkan darah, jadi berhati-hatilah terutama jika Anda meminum pil apa pun. Blueberry dapat mengganggu pengobatan Anda.

Anda mungkin juga merasakan sesak napas atau pernapasan tidak teratur karena blueberry kaya akan vitamin K. Jadi, hindari mengonsumsi blueberry lebih 1 cangkir.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.