Sebelum Meninggal, Bintang Friends James Michael Tyler Sempat Jalani Terapi Hormon

Oleh Liputan6.com pada 25 Okt 2021, 23:59 WIB
Diperbarui 25 Okt 2021, 23:59 WIB
James Michael Tyler saat menjalani kemoterapi Juni lalu. (Instagram/ slate_michael)
Perbesar
James Michael Tyler saat menjalani kemoterapi Juni lalu. (Instagram/ slatemichael)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bintang serial Friends, James Michael Tyler, meninggal dunia di kediamannya, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu 24 Oktober 2021 pada usia 59. Ia dikabarkan meninggal dunia setelah tiga tahun berjuang melawan kanker prostat yang dialaminya.

Namun ternyata, Tyler sempat menjalani terapi hormon selama setahun dan membuahkan hasil yang baik. Lantas apa itu terapi hormon?

Dilansir National Cancer Insitute, Senin (25/10/2021), Terapi hormon adalah pengobatan kanker yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan kanker yang menggunakan hormon untuk tumbuh. Terapi hormon disebut juga terapi hormonal, terapi hormon, atau terapi endokrin.

Terapi hormon berguna untuk mengurangi kemungkinan kanker akan kembali atau menghentikan atau memperlambat pertumbuhannya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengurangi atau mencegah gejala pada pria dengan kanker prostat yang tidak dapat menjalani operasi atau terapi radiasi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Efek Samping Terapi Hormon

[FOTO] Di Perancis Operasi Prostat Pakai Robot
Perbesar
Seorang ahli bedah memperhatikan dengan seksama hasil operasi pasien kanker prostat di layar monitor yang berada didepannya, Rumah Sakit Edouard Herriot di Lyon, Prancis (10/4/2014) (AFP Photo/Jeff Pachoud).

Terapi hormon dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon, maka itu dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Efek samping yang dialami akan tergantung pada jenis terapi hormon yang di terima dan bagaimana tubuh meresponnya.

Berikut bberapa efek samping yang umum dialami oleh pria seperti Tyler, yang menerima terapi hormon untuk kanker prostat, diantaranya:

• Kehilangan minat atau kemampuan untuk berhubungan seks

• Tulang melemah

• Diare

• Mual

• Mudah lelah

Itulah penjelasan mengenai terapi hormon yang sempat dilakukan oleh James Michael Tyler. Selamat jalan, James Michael Tyler.

Penulis: Vania Dinda Marella

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Perbesar
Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya