Sukses

Mengenal Kanker Prostat, Penyakit yang Merenggut Nyawa Aktor James Michel Tyler

James Michael Tyler menghembuskan napas terakhirnya karena kanker prostat, simak lebih jauh apa itu kanker prostat!

Liputan6.com, Jakarta Pada Juni lalu, salah satu aktor dalam serial komedi situasi Friends, yakni James Michael Tyler memberikan pernyataannya bahwa ia didiagnosis menderita kanker sejak September 2018.

"Aku didiagnosis kanker prostat dan sudah menyebar ke tulangku.. aku berhadapan dengan diagnosis ini hampir tiga tahun," jelasnya saat diwawancarai Today. 

Ia juga menjelaskan bahwa kanker yang sedang dihadapainya sudah berada di puncaknya, yakni stadium 4. "Ini tahap terakhir kanker. Jadi, mungkin saja penyakit ini bisa membunuhku," James menambahkan.

Pada Minggu (24/10/2021), aktor yang memerankan Gunther dalam serial Friends itu dinyakatakan menutup usia di rumahnya di Los Angeles. Sang manajer pun telah mengonfirmasi akan hal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Kanker Prostat?

Dilansir Cancer.org, Senin (25/10/2021), kanker dimulai ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali dan menjalar. Semua bagian tubuh yang terdapat sel dapat menjadi sebuah sel kanker. 

Kanker prostat dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat sudah mulai tumbuh di luar kendali. Prostat merupakan kelenjar yang hanya ditemukan pada pria. Prostat berfungsi untuk menghasilnya cairan semen yang memberi nutrisi dan mengantarkan sperma.

Letak prostat berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Tepat di belakang prostat adalah kelenjar yang disebut vesikula smeinalis yang membuat sebagian besar cairan untuk air mani. Uretra, yang merupakan tabung yang membawa urin dan air mani keluar dari tubuh melalui penis, melewati pusat prostat.

Semakin bertambahnya umur, ukuran prostat dapat berubah. Pada pria yang lebih muda, ukurannya kira-kira akan sebesar kenari, dan pria yang lebih tua bisa jadi jauh lebih besar.

Beberapa kanker prostat tumbuh dan menyebar dengan cepat, tetapi sebagian besar tumbuh lambat dan tidak agresif. Dalam banyak kasus, bahkan mereka tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Kanker Prostat

Pada dasarnya kanker prostat tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal. Namun ketika kanker semakin berkembang dan membesar, penderita akan merasa gejala pad agangguan buang air kecil, misalnya susah buang air kecil atau buang air kecil menjadi kurang lancar.

Penyebab kanker prostat karena mutasi atau perubahan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Namun, penyebab perubahan genetik itu sendiri belum diketahui secara pasti.

Faktor lainnya yang dapat mengakibatkan risiko terjadinya kanker prostat adalah, pertambahan usia, menderita obesitas, pola makan yang tidak sehat (kekurangan asupan antioksidan), terpapar bahan kimia, menderita penyakit seksual, hingga keturunan genetik.

Penulis : Azarine Natazia

4 dari 4 halaman

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini