Sukses

Hantaman Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Indonesia Raih Ketangguhan

Pandemi COVID-19 yang melanda jadi momentum Indonesia tunjukkan ketangguhan.

Liputan6.com, Jakarta Penanganan pandemi COVID-19 terus membaik sejalan dengan kinerja dan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma’ruf Amin, yang berhasil memimpin bangsa Indonesia untuk tetap tangguh dan tumbuh di tengah tantangan global.

Pandemi COVID-19 menjadi tantangan utama bagi bangsa Indonesia sepanjang hampir 2 tahun terakhir. Pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan strategis mulai dari sisi kesehatan hingga ekonomi yang selalu mengedepankan rakyat.

"Hampir 2 tahun pandemi COVID-19 menerpa dunia, namun hal itu tidak membuat Pemerintahan Jokowi - Ma’ruf Amin surut langkah," terang Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (21/10/2021) malam.

"Hantaman pandemi justru menjadi momentum Indonesia menunjukkan ketangguhan dan kemampuannya untuk melompat cepat menuju kemajuan."

Plate menyebut, berbagai capaian kemajuan di atas, tertuang dalam buku Capaian Kinerja 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh 2021, yang diterbitkan Pemerintah. Buku ini dapat diakses masyarakat sejak Rabu, 20 Oktober 2021 pukul 00.00 WIB pada laman Capaian Kinerja Presiden RI.

"Pandemi menciptakan sejumlah perilaku baru dalam berbagai aktivitas. Perilaku baru ini melahirkan berbagai lompatan dan percepatan di berbagai sektor. Lompatan dan percepatan di masa krisis menjadi bukti adanya ketangguhan kolektif setiap individu dan bangsa," jelasnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesiapsiagaan Pemerintah Tangani Lonjakan COVID-19

Salah satu bentuk lompatan, lanjut Johnny G. Plate, bisa dilihat dari kesigapan Pemerintah dalam menangani lonjakan kasus COVID-19 gelombang kedua, percepatan upaya 3T (testing, tracing, treatment) dengan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi.

Selanjutnya, upaya peningkatan laju vaksinasi hingga menggenjot pengembangan Vaksin Merah Putih untuk mewujudkan swadaya vaksin.

Sementara itu, di sektor ekonomi, Pemerintah berhasil melewati ancaman resesi dengan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Bansos kepada masyarakat miskin dan insentif untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kebijakan Kartu Prakerja juga menjadi penolong dan menahan lajunya angka pengangguran," lanjut Menkominfo Plate.

3 dari 4 halaman

Gotong Royong Tangani Pandemi COVID-19

Menkominfo Johnny G. Plate juga memastikan, kondisi krisis COVID-19 tidak menyurutkan reformasi birokrasi dan deregulasi. Begitu juga konsolidasi riset terus dilakukan untuk memastikan terciptanya talenta unggul dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Capaian kinerja yang sudah dilakukan di atas, menurut Plate, turut memuat kemajuan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

Di Papua, misalnya, pembangunan dilakukan dalam bidang SDM, infrastruktur, transformasi ekonomi, deregulasi dan reformasi birokrasi, serta tercermin dalam kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang baru selesai.

“Seluruh capaian kinerja ini tidak bisa dilepaskan dari partisipasi aktif dan dukungan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat terus berkontribusi dalam menjaga capaian ini dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengedepankan prinsip gotong royong dalam upaya penanganan pandemi,” tutup Plate.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.