Sukses

Yoga Nidra, Salah Satu Cara untuk Tidur Jadi Lebih Mudah dan Nyenyak

Terdapat beragam cara yang dapat membantu Anda agar lebih mudah tertidur. Salah satunya lewat berlatih yoga nidra dengan rutin.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat beragam cara yang dapat membantu Anda agar lebih mudah tertidur. Seperti mematikan smartphone, mandi air hangat, hingga meredupkan cahaya. Namun apabila masih sulit tidur, yoga nidra bisa lho jadi salah satu cara yang Anda coba.

"Yoga nidra sering diartikan sebagai tidur dengan kesadaran. Tidak seperti gerakan yoga lainnya, yoga nidra hanya mengharuskan Anda untuk berbaring dan bermeditasi," ujar instruktur yoga Lauren Ecstrom dikutip Bustle, Kamis (21/10/21).

Dengan jenis yoga satu ini, Anda seperti berada pada savasana sepanjang waktu. Savasana sendiri terkenal sebagai latihan yang membantu relaksasi tubuh dan pikiran. Terdengar sangat menarik, bukan?

Tujuan dari yoga nidra adalah untuk membantu Anda tertidur dengan nyenyak lewat pelatihan secara sadar, serta menerima tubuh beristirahat. Dalam kelas yoga nidra, Anda akan dibantu untuk lebih rileks dan menghindari putaran pikiran yang ada di kepala.

"Jika Anda melakukannya dengan cukup sering, itu juga dapat membantu Anda mempelajari cara memperlambat gelombang otak sehingga Anda dapat mengatur ruang di kepala Anda untuk lebih kondusif saat tidur," kata Lauren.

Saat Anda dalam posisi terbangun, gelombang otak akan mengambil alih dan memicu respons sistem saraf simpatik, yang mungkin membuat Anda merasa stres. Namun melalui yoga indra, Anda akan berlatih untuk mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang alfa. 

Gelombang alfa akan muncul ketika Anda sedang tenang dan santai, sehingga membuat meditasi menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan. Gelombang otak pada dasarnya dapat memperlambat atau mempercepat Anda untuk tertidur.

"Tindakan sederhana seperti berbaring diam selama 30 menit dan memberi diri Anda kesempatan untuk bersantai dapat membuat perbedaan yang besar. Namun perlu diingat bahwa yoga nidra bukanlah pengganti tidur yang sebenarnya," ujar instruktur yoga, Brett Larkin.

Yoga nidra hanya mampu membantu orang menghadapi kehidupan sehari-hari dengan mengurangi stres dan memikirkan strestornya, sehingga seseorang dapat lebih mudah tertidur.

Brett mengungkapkan, cara ini bisa dianggap sebagai bentuk self care yang memiliki banyak manfaat bagi jiwa dan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Saat melakukan yoga nidra, cobalah untuk berbaring di matras atau bahkan di lantai. Penting untuk mengingat bahwa yoga nidra merupakan latihan di mana Anda berusaha untuk tetap sadar bahkan ketika gelombang otak melambat.

"Buatlah diri Anda merasa nyaman. Letakkan bantal di bawah lutut untuk menopang, gelapkan ruangan, selimuti diri Anda dengan selimut yang nyaman, kenakan pakaian yang hangat. Anda mungkin akan merasa lebih dingin saat sistem saraf melambat," ujar Lauren.

Merasa lebih dingin menjadi pertanda baik bahwa Anda sedang beralih dari mode stres ke mode istirahat. Perasaan nyaman yang dibangun juga membantu Anda untuk sepenuhnya fokus pada latihan tanpa gangguan.

"Jika Anda merasa terlalu dingin atau terlalu tidak nyaman, maka tubuh dan otak akan kembali ke kondisi gelombang otak yang lebih cepat dan mengganggu manfaat dari yoga nidra itu sendiri. Itu sebabnya Anda harus mematikan hal-hal seperti ponsel atau televisi," kata Lauren.

Pastikan Anda tidak langsung berbaring untuk melakukan yoga nidra setelah makan, minum kopi, atau berolahraga. Berlatihlah pada saat tubuh Anda tidak secara aktif mencerna makanan, kafein, atau sedang memiliki hormon stres positif dari olahraga. Dengan begitu, Anda akan memiliki kondisi istirahat yang lebih dalam.

"Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari yoga nidra, lakukanlah beberapa kali seminggu. Melalui latihan yang konsisten, Anda akan mengatur ulang otak dengan cara yang positif untuk tidur yang lebih baik dengan menjadi semakin nyaman dan terbiasa dengan kondisi istirahat yang dalam,” ujar Lauren.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.