Sukses

Tidak Lapar Saat Pagi Hari hingga Lewatkan Sarapan, Apa Pemicunya Ya?

Sarapan jadi suatu hal yang penting. Namun, kerap kali luput dari pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan jadi sesuatu yang penting untuk memulai hari. Namun terkadang, hal satu ini kerap luput dari pikiran. Bukan karena sedang terburu-buru, melainkan rasa lapar yang tidak datang menghampiri. Lalu, apa yang jadi pemicunya ya?

"Metabolisme tubuh itu memasuki mode yang sangat berbeda saat tidur, semacam ada tombol untuk menunda. Kita juga tidak mengeluarkan banyak energi ketika tidur dan seringkali metabolisme tidak menyadari bahwa sudah waktunya untuk bangun," ujar ahli gizi Michelle Blum dikutip Elite Daily pada Selasa, (19/10/21).

Sehingga rasa lapar pun seringkali tidak datang pada pagi hari atau setelah kita terbangun dari tidur. Ulasan oleh Rush University mengungkapkan bahwa sarapan sangat penting untuk membuat metabolisme mulai bekerja.

Terlebih, sarapan juga membantu Anda agar dapat berfungsi dengan baik sepanjang hari. Jadi, cobalah untuk tetap sarapan yang bergizi beberapa jam setelah bangun tidur meskipun tidak ada rasa lapar yang muncul.

"Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur juga bisa mengganggu karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencernanya, dan ini juga bisa jadi penyebab kurangnya nafsu makan Anda di pagi hari," kata Michelle.

Ahli gizi Lisa Hayim turut menjelaskan, jika Anda makan cukup banyak pada tengah malam dan bangun pukul 6 atau 7 pagi, maka masuk akal jika Anda belum lapar pada pagi hari. Tubuh baru saja menyelesaikan pencernaan, dan isyarat lapar pun belum muncul.

"Tubuh pun mengeluarkan beberapa hormon berbeda sebelum bangun tidur untuk membantu tubuh bergerak setelah istirahat malam. Selain memberi Anda ledakan energi, hormon-hormon ini meningkatkan gula darah," ujar ahli gizi, Bridget Bennet.

Lonjakan hormon tersebutlah yang mungkin jadi salah satu penyebab mual di pagi hari dan enggan untuk menerima asupan masuk. Ditambah, perut yang kosong juga dapat memicu mual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana solusinya?

Meskipun makan dengan penuh kesadaran merupakan ide yang baik dan Anda biasanya tidak boleh makan saat tidak lapar, pagi hari menjadi salah satu pengecualian. Lisa menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang ringan di pagi hari.

"Mulailah dengan camilan yang mudah dicerna seperti sepotong buah, misalnya. Ini akan membuat metabolisme Anda mulai bekerja, dan Anda akan merasa lapar untuk sarapan sekitar satu jam setelahnya atau lebih,” kata Lisa.

Minum air putih pada pagi hari juga dinilai jadi pilihan yang tepat untuk membantu metabolisme tubuh berjalan. Tubuh akan mendapatkan kembali hidrasinya lewat kebiasaan ini.

"Minum air putih di pagi hari adalah kebiasaan yang sangat baik karena membantu metabolisme Anda berjalan dan membantu rehidrasi tubuh Anda," ujar ahli gizi, Rania Batayneh.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.