Ramai Warganet Bandingkan Kerja Polisi dengan Satpam BCA, Salah?

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 19 Okt 2021, 13:31 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 13:33 WIB
Ilustrasi satpam
Perbesar
Seorang Satuan Pengamanan (Satpam) saat bertugas di salah satu perkantoran kawasan Jakarta, Selasa (16/2/2021). Seragam baru berwarna cokelat mirip seragam polisi tersebut untuk memuliakan Satpam dan menjadikan unsur pengamanan menjadi bagian penting dalam suatu aktivitas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Satpam BCA kini tengah ramai diperbincangkan di Twitter. Banyak pengguna Twitter yang memuji kinerja Satpam BCA yang dinilai humanis dan mengayomi.

Namun, di satu sisi ada pihak yang kemudian dibanding-bandingkan oleh warganet yakni polisi.

Seorang warganet @fchkautsar mencuit sebuah kalimat yang disinyalir menyinggung polisi.

Polisi se-Indonesia bisa diganti satpam BCA aja gaksih,” pada Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 21.45.

Cuitan ini menjadi ramai dan berbuntut panjang karena berbagai teror pun diterima oleh pemilik akun tersebut. Mulai dari pesan di Instagram maupun telepon di nomor pribadinya.

Menanggapi hal ini, psikolog dari Enlighmind, Nirmala Ika mengatakan bahwa dalam kasus tersebut kedua belah pihak harus bijaksana.

“Warganet ini seharusnya lebih bijaksana ketika membuat sesuatu yang diunggah di media sosial, karena satpam dan polisi ini adalah dua hal yang tidak bisa dibandingkan apple to apple, mereka berbeda dari segi tugas dan hal-hal lainnya,” kata Nirmala kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saran Nirmala

Nirmala memberi saran, jika seseorang ingin mengkritik sesuatu maka perlu dipikirkan terlebih dahulu dampaknya.

“Jika kita kesal sama oknum polisi, ya kritik saja langsung ke oknum tersebut bukan ke instansi atau lembaganya," katanya.

Jika kritik ditujukan pada lembaga atau instansi, maka wajar jika polisi yang tidak merasa bersalah pun ikut tersinggung dengan kritik tersebut.

“Banyak kok polisi di luar sana yang kerja dengan benar, begitu pula ada kok Satpam BCA yang helpless," Nirmala menambahkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Untuk Polisi

Melihat cuitan warganet tersebut, beberapa oknum polisi malah melayangkan teror. Hal ini juga tidak dibenarkan oleh Nirmala.

“Harus sama-sama bijaksana, jika meneror maka dampaknya bisa membuat masyarakat lebih yakin bahwa polisi memang tidak baik. Dalam hal ini, citra polisi jadi bisa lebih buruk.”

Sebetulnya, lanjut Nirmala, dengan kejadian ini, polisi dapat mengambil pelajaran. Jika memang beberapa oknum melakukan kesalahan di luar sana sehingga pandangan masyarakat buruk terhadap polisi, maka yang perlu dipikirkan adalah apa saja yang perlu dibenahi dan diperbaiki.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Cara Cegah COVID-19 Saat Berolahraga di Gym

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya