Sukses

Jalani Diet, Ini 5 Jenis Penyakit Ringan yang Dapat Disembuhkan

Diet memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu menyembuhkan beberapa penyakit ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Diet adalah cara untuk membentuk badan yang ideal dengan menurunkan berat badan. Berbagai macam diet dapat dipilih sesuai dengan kemampuan tubuhnya.

Membatasi jumlah kalori suatu makanan memang dilakukan saat diet. Namun, perlu diperhatikan dalam memilih makanan, pilihlah makanan yang sehat dan bernutrisi untuk tubuh.

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis diet tertentu dapat menyembuhkan dan mengatasi suatu penyakit? Pola makan sehat yang diterapkan saat diet sangat bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut dirangkum merdeka.com, Selasa (19/10/21), beberapa jenis penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan diet.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka sistem metabolisme pun ikut menurun. Sistem metabolisme mempunyai peran penting untuk memecah nutrisi, mengasimilasi nutrisi, dan mempromosikan anabolisme.

Karbohidrat merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah menu diet yang mengandung jenis karbohidrat yang baik dan konsumsi secukupnya.

3 dari 7 halaman

2. Mulut Luka

Mulut kering penyebab biasanya yaitu demam tinggi, diare atau keracunan makanan, selain itu mulut kering mampu mengakibatkan luka dan rasa sakit menelan.

Berbagai jenis makanan untuk diet, salah satunya yaitu jeruk lemon. Jika Anda mengalami mulut luka konsumsi jeruk lemon yang dipercaya baik untuk menghidrasi tubuh kembali.

4 dari 7 halaman

Mual

Mual memiliki banyak penyebab, diantaranya mabuk darat atau masuk angin hingga karena mengonsumsi obat-obatan.

Mual dapat diobati dengan memakan kismis. Kismis dapat memberikan tambahan energi dari zat gula di dalamnya dan kaya akan serat larut yang baik untuk menyehatkan pencernaan.

5 dari 7 halaman

Sembelit

Jika mengalami sembelit, sembuhkan dengan menu diet yang mengonsumsi buah, sayur dan gandum. Makanan tersebut kaya akan serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

6 dari 7 halaman

Kenaikan Asam Lambung

Penyebab kenaikan asam lambung karena sistem pencernaan yang kacau, dehidrasi, serta terjadi ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda dapat mengonsumsi makanan yang lunak seperti bubur dan hindari makanan yang pedas.

 

Penulis : Alicia Salsabila 

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.