Sukses

Menkes Budi Gunadi Jajaki 3 Obat Alternatif COVID-19 Ini

Tiga obat alternatif COVID-19 yang menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin sedang menjajaki tiga obat alternatif COVID-19, yaitu Molnupiravir, AT-527, dan Proxalutamide. Ketiga obat tersebut berpotensi untuk menjadi obat COVID-19.

"Kita sekarang menjajaki beberapa obat-obatan antivirus baru yang promising atau memberikan harapan, sedang ramai dibicarakan antara lain adalah Molnupiravir dari Merck," ungkap Budi Gunadi saat memberikan keterangan pers Hasil Ratas “Evaluasi PPKM" pada Senin, 18 Oktober 2021.

"Kita juga mempelajari obat antivirus yang namanya AT-527 yang dikembangkan oleh Roche and Athea Pharmaceutical. Kita juga sedang mempelajari obat namanya Proxalutamide, yang diproduksi oleh Suzhou Kintor Pharmaceuticals dari Tiongkok."

Lebih lanjut, Budi Gunadi menegaskan, pihaknya memonitor perkembangan obat-obatan untuk virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19. Untuk obat Proxalutamide sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan sedang berproses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekarang obat-obatan itu sudah memasuki uji klinik tahap 3," lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Klinik Tahap 3 untuk Obat COVID-19

Untuk obat-obatan yang memang promising, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, agar pihak produsen dapat juga melakukan uji klinik tahap 3 di Indonesia.

Tujuannya, supaya mengetahui, apakah obat yang dikembangkan cocok atau tidak.

"Kami akan menawarkan agar uji klinik tahap 3 juga bisa dilakukan di Indonesia, sehingga kita bisa lebih cepat mengetahui kecocokan dari obat-obatan COVID-19 baru ini," ujarnya.

"Agar bisa digunakan ke rakyat. Mohon doa restu dari teman-teman sekalian agar kita bisa segera melewati pandemi ini menjadi endemi."

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Ini Bisa Cegah & Obati Pasien Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.