Sukses

6 Manfaat Meluangkan Waktu 30 Menit Per Hari Untuk Berolahraga

Dengan berolahraga 30 menit per hari, bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menyadari bahwa olahraga itu penting untuk kesehatan, kesejahteraan dan bahkan kemakmuran hidup. Dilansir Dr Health Benefits, Senin (18/10/2021), Bagi sebagian orang yang gemar olahraga, mungkin akan mencatat waktu aktivitas olahraga untuk melihat hasilnya.

Namun, jika masih amatir, cukup dengan olahraga 30 menit per hari, Anda akan mendapatkan banyak manfaatnya. Anda akan mendapatkan manfaatnya, meskipun hanya dilakukan lima hari dalam seminggu.

Jika Anda penasaran, simak untuk mengetahui manfaat kesehatan dari berolahraga 30 menit sehari agar tubuh menjadi bugar, tetap solid, bahkan dapat menjadi lebih kurus. Berikut enam manfaatnya:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan beberapa kilogram, mungkin akan pergi untuk berolahraga. Selain diet, olahraga merupakan salah satu cara positif untuk menjadi lebih kurus.

Dengan berolahraga 30 menit setiap hari dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang menyelesaikan 30 menit aerobik sedang hingga intens setiap harinya, dapat membakar banyak kalori sehingga berpengaruh pada penurunan berat badan yang sama seperti orang yang berolahraga selama satu jam.

Kuncinya adalah memastikan Anda melakukan aktivitas terbaik untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga cukup keras hingga mengeluarkan keringat. Hanya dengan 30 menit saja sudah cukup untuk meningkatkan denyut nadi dan membuat Anda berkeringat, terlebih lagi jika dilakukan lima sampai tujuh hari dalam seminggu.

3 dari 8 halaman

2. Menghasilkan Antibodi

Berolahraga 30 menit setiap hari dapat mendukung pembentukan antibodi dan trombosit putih dalam tubuh Anda. Itu juga akan menangkis infeksi dan mikroba lain dengan lebih efektif, sekaligus meningkatkan respons kekebalan dan kemampuan Anda untuk melawan penyakit.

4 dari 8 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Anda dapat menghindari kemungkinan terkena penyakit stroke, infeksi kardiovaskular, gangguan metabolisme dan diabetes, hanya dengan dengan sesi olahraga 30 menit untuk menjaga jantung dan aliran darah tetap sehat.

5 dari 8 halaman

4. Menjaga Penampilan Tubuh

Bagi wanita yang ingin merasa lebih kuat, lebih ramping dan membuat tubuh menjadi lebih baik, dapat mengikuti satu sesi latihan singkat selama 30 menit. Menurut laporan yang diterbitkan dalam Psychology of Sport and Exercise, diyakini bahwa jika wanit secara konsisten berolahraga cukup lama, mereka akan mulai melihat perubahan substansial dalam penampilannya. Ini menunjukkan bahwa hasil yang sebenarnya dari berolahraga dapat membantu agar merasa lebih baik untuk dirinya sendiri.

6 dari 8 halaman

5. Meredakan Stres

Tidak hanya untuk pereda tekanan, berolahraga 30 menit sedang hingga intens juga sangat akomodatif untuk masalah yang berhubungan dengan stres. Di awali dengan, zat kimia yang diberikan selama dan setelah olahrga, dapat meningkatkan norepinefrin, yang diharapkan dapat mengendalikan dan mengelola keadaan yang tidak menyenangkan.

Bahan kimia ini juga dapat membantu bagi orang-orang yang rentan terhadap gangguan mental, serta membantu menenangkan seseorang ketika sedang mengalami kecemasan. Eksplorasi menunjukkan bahwa individu yang mengalami gugup dan stres dapat melihat hasil dari olahraga yang konsisten, seperti saat mereka meminum pil anti-kecemasan.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kreativitas

Berolahraga selama 30 menit setiap hari telah terbukti memberikan dorongan kreativitas. Dilaporkan bahwa kerja aktif, kreativitas, dan pola pikir positif benar-benar terhubung satu sama lain. Pada dasarnya, para ahli mengungkapkan semakin banyak Anda berolahraga, termasuk olahraga ringan seperti berjalan-jalan, Anda akan merasa lebih imajinatif.

Ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Human Neuroscience melacak bahwa olahragawan biasa berkinerja lebih baik dalam penilaian inovasi daripada orang yang tidak berolahraga. Oleh karena itu, melakukan olahraga 30 menit per hari yang dilakukan secara konsisten dapat bermanfaat sebagai penambah intelektual untuk memajukan inovasi dengan cara yang sederhana dan sehat.

Penulis: Vania Dinda Marella

8 dari 8 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.