Sukses

Betulkah Keringat Olahraga Bisa Sumbat Pori-Pori?

Kalau dipikir, keringat itu sebagian besar adalah air, jadi apa mungkin bisa menyumbat pori-pori.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga bagus untuk kesehatan kulit karena mendorong pergantian sel dan memelihara kesehatan mental sehingga meningkatkan kesehatan kulit. Akan tetapi, olahraga dan keringat itu dua hal yang tak terpisahkan. Termasuk keringat di wajah, apa bisa keringat bisa membuat pori-pori tersumbat?

Dikutip Mind and Body Green, beberapa orang merasa kulit wajahnya gatal, yang lain menjadi merah, dan sebagian besar wajah meningkatkan jerawat, baik di wajah maupun di tubuh. Apa penyebabnya keringat?

Kalau dipikir, keringat itu sebagian besar adalah air, jadi apa mungkin bisa menyumbat pori-pori?

"Berlawanan dengan kepercayaan populer, keringat itu sendiri tidak menyebabkan jerawat," kata dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, M.D., di Instagram pribadinya. 

Keringat itu memang sebagian besar terdiri dari air, jadi itu bukan pelaku utama. Dokter kulit bersertifikat Ellen Marmur, M.D., bahkan menganggap keringat sebagai pembersih alami terbaik untuk kulit kita.

Masalah muncul ketika keringat mengering dan bercampur dengan minyak dan bakteri. Misalnya saja ketika Anda menyentuh matras yoga atau peralatan olahraga yang kotor.

Dan, karena pori-pori lebih terbuka saat tubuh Anda memanas setelah berolahraga, akan menyisakan ruang bagi campuran minyak-keringat-bakteri untuk meresap dan menyebabkan jerawat.

Pada kondisi ini, riasan juga dapat menempel di pori-pori Anda. Itulah sebabnya para ahli kulit merekomendasikan berolahraga tanpa riasan.

"Saat kita berkeringat, itu membasahi pakaian kita, menyebabkannya menempel di kulit kita, bercampur dengan minyak, dan menyumbat pori-pori kita," kata Zeichner. 

Ini semakin memerkuat alasan untuk segera melepas pakaian olahraga segera setelah Anda berkeringat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Jerawat Setelah Olahraga

Meskipun keringat itu sendiri mungkin tidak menyumbat pori-pori, kulit Anda butuh dibersihkan minyak dan bakteri. Cobalah untuk selalu mandi setelah latihan yang intens, atau setidaknya ganti pakaian.

Khususnya untuk wajah, beberapa kulit lebih menyukai percikan air sederhana yaitu jika Anda berolahraga di pagi hari. Sementara yang lain direkomendasikan menggunakan pembersih lembut untuk menyeka minyak dan kotoran. 

Pastikan pembersih wajah Anda, dan sabun mandi, tidak terlalu kuat eksfoliatornya. Karena pori-pori Anda lebih terbuka setelah berolahraga, pori-pori Anda mungkin juga lebih rentan terhadap iritasi.

Kalau ditanya apakah pori-pori tersumbat karena keringat, jawabannya tidak. Sebaliknya, saat keringat mengering dan bercampur dengan minyak dan kotoran itulah yang dapat menyebabkan jerawat. 

Jadi, keringat sebenarnya bisa membantu membersihkan pori-pori, selama Anda mencucinya dengan baik setelahnya dan menjaga kebersihan peralatan olahraga Anda.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.