Sukses

Pernah Jalan Sambil Makan Permen Karet? Ini Manfaatnya Buat Tubuh

Ada yang bilang jalan sambil mengunyah permen karet tak bisa dilakukan bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mengunyah permen karet sambil berjalan? Ada yang bilang kedua hal tersebut tak bisa dilakukan bersamaan. Namun, sebuah penelitian mencoba mencari tahu kebenarannya.

Dikutip Very Well Fit, sebanyak lima puluh peserta (masing-masing 25 pria dan wanita) berpartisipasi dalam penelitian acak, single-blind, terkontrol, cross-over. Studi ini meneliti efek mengunyah permen karet sambil berjalan selama 15 menit. Setiap peserta secara acak menyelesaikan uji coba mengunyah permen karet dan uji coba pelet yang larut dengan cepat. 

“Berjalan adalah pahlawan tanpa tanda jasa dalam hal menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan,” kata Brooke Rosenfeld, RDN, ahli gizi terdaftar senior di Be Strong Stay Fit. 

Cara ini terbukti mengurangi risiko penyakit kronis, membantu memperkuat tulang, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan suasana hati kita, dan masih banyak lagi.

Ruben Borges, CPPS, spesialis persiapan kinerja bersertifikat dan pencipta Glute World Order Training Program, mencatat bahwa berjalan adalah bagian penting dari rejimen kebugaran secara keseluruhan. Jika 20 menit tidak sesuai dengan jadwal Anda, meluangkan waktu untuk jalan cepat selama masing-masing 10 menit menjadi awal yang baik.

“Jalan kaki 20 menit adalah bentuk kardio yang paling diremehkan. Sangat fenomenal untuk membantu membakar lemak dan membuat Anda bergerak sepanjang hari.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Kaki Sambil Kunyah Permen Karet

Lantas, bagaimana dengan mengunyah permen karet sambil berjalan? Mengunyah permen karet mungkin tampak seperti aktivitas yang tidak berbahaya, dan dalam beberapa kasus dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan. 

Namun, tergantung pada gaya pengunyahan, Anda pasti akan menelan udara saat mengunyah, yang berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal.

"Mengunyah permen karet juga membantu saya mengekang nafsu makan dan menghindari terlalu banyak makanan manis atau keinginan yang tidak diinginkan," kata Borges.

Jika Anda menikmati mengunyah permen karet, itu tampaknya merupakan tambahan yang relatif berisiko rendah dan berpotensi bermanfaat untuk rutinitas berjalan Anda.  

Para peneliti berteori bahwa mengunyah permen karet sambil berjalan meningkatkan detak jantung seseorang, dan orang tersebut menggerakkan tubuhnya lebih cepat untuk menyamai kecepatan itu.

Mekanisme yang dihipotesiskan itu, permen karet tampaknya meningkatkan kemampuan berjalan disebut sebagai sinkronisasi lokomotor jantung (CLS) atau kopling lokomotor jantung.

CLS menggambarkan  gerakan tubuh (aktivitas lokomotor) sinkron dengan detak jantung (aktivitas jantung). 

 

3 dari 3 halaman

Buat Jalan Kaki Lebih Menyenangkan

Untuk menambahkan jalan kaki ke rutinitas harian Anda, Rosenfeld menawarkan sejumlah ide. “Tambahkan jalan-jalan pertama di pagi hari dan mungkin setelah makan malam,” katanya.

“Jika Anda membuat rencana dengan teman Anda untuk minum kopi atau menerima panggilan telepon, berjalanlah dan bicaralah! Ambil putaran ekstra di sekitar toko kelontong. Parkirlah di tempat yang jauh dari pintu masuk ke mana pun Anda pergi."

Anda juga dapat berjalan di depan TV, naik tangga alih-alih lift, dan menyetel pengingat di ponsel untuk bangun dan berjalan-jalan di sekitar kantor atau rumah sesering mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini