Sukses

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama Tembus 50 Persen

Vaksinasi COVID-19 dosis pertama telah melampaui 50 persen dari target. Hal ini ditandai dengan 105,4 juta masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Liputan6.com, Jakarta Vaksinasi COVID-19 dosis pertama telah melampaui 50 persen dari target. Hal ini ditandai dengan 105,4 juta masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Per 15 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB, total vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 105.464.686 orang atau 50,64 persen dari total sasaran yaitu sebanyak 208.265.720 orang. Sementara, vaksinasi dosis ke-2 sudah mencapai 61.397.055 orang atau 29,48 persen persen.

“Terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah ambil bagian penting dalam upaya kita mengendalikan pandemi ini. Kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kolaborasi semua pemangku kepentingan,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi di Jakarta mengutip keterangan pers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terobosan Vaksinasi

Mendekatkan pos-pos vaksinasi di tengah-tengah lingkungan warga menjadi salah satu terobosan dalam mencapai target vaksinasi.

Selain metode rutin vaksinasi yaitu berbasis fasilitas pelayanan kesehatan, pemerintah membuka alternatif lain yang bersifat massal berupa pos-pos atau sentra vaksinasi yang dilakukan melalui kerja sama kemitraan dengan pihak swasta dan masyarakat.

Dukungan kemitraan baik berupa tempat layanan, tenaga tim vaksinator, edukasi dan mobilisasi masyarakat, sarana dan prasarana efektif mempercepat pencapaian target vaksinasi seperti disampaikan Nadia.

3 dari 4 halaman

Strategi Sosial

Selain itu, strategi sosial menjadi misi Kementerian Kesehatan dalam menjangkau 100 juta target vaksinasi selanjutnya.

Sejatinya, vaksinasi mengemban misi sosial dalam upaya bersama untuk mengurangi laju penularan sekaligus melindungi seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, vaksinasi harus mampu menjangkau setiap jengkal wilayah Indonesia terutama di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan sehingga strategi dan pendekatan sosial harus dikedepankan.

“Lewat kolaborasi dan strategi yang tepat, kami optimis target cakupan vaksinasi COVID-19 bisa segera tercapai. Masyarakat terutama kelompok rentan pun bisa terlindungi dari ancaman paparan COVID-19,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.