Sontek, 5 Cara agar Tetap Semangat Jalani Rutinitas Olahraga

Oleh Diviya Agatha pada 16 Okt 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 16 Okt 2021, 13:00 WIB
Jelaskan Perbedaan antara Jalan dan Lari
Perbesar
Ilustrasi Berolahraga Lari Credit: pexels.com/Nappy

Liputan6.com, Jakarta Memulai suatu hal baru termasuk rutinitas saat berolahraga tak selalu diawali dengan rasa semangat yang tinggi. Selain harus membiasakan diri kembali, Anda pun mungkin diharuskan untuk menggerakan bagian tubuh tertentu yang biasanya tak tersentuh.

"Kadang ketika orang memulai sesuatu yang baru, mereka cenderung akan menggebu-gebu. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bersikap seperti itu, tapi orang mungkin akan merasa sedih atau malu jika tidak bisa langsung mencapainya," ujar instruktur Pilates dan personal trainer Gemma O'Hare dikutip Bustle, Jumat (15/10/21).

Rintangan-rintangan tersebut tak jarang membuat kita tergoda untuk lekas menyerah. Namun yang terpenting ialah mencari cara untuk dapat melewatinya. Anda pun dapat memulai lewat membangun mindset yang tepat.

"Motivasi itu 90 persen dibentuk oleh pikiran, itulah sebabnya saya menyarankan untuk memberi diri Anda waktu 60 hari untuk membiasakan diri dengan kebiasaan baru tersebut," ujar certified personal trainer, Jess Rose McDowell.

Jika Anda belum terbiasa, itu justru saatnya untuk memulai. Lalu, cara-cara apa yang bisa kita gunakan untuk tetap semangat saat memulai rutinitas olahraga yang baru? Berikut penjelasannya.

1. Pastikan Anda menyukainya

Meskipun Anda mungkin tidak langsung dapat menikmati jenis olahraganya, Anda harus cukup menyukainya untuk dapat merasa ingin kembali melakukannya. Dengan kata lain, jangan memaksakan diri untuk berlari jika memang Anda benci berlari.

"Mundurlah selangkah dan gali lebih dalam untuk menemukan apa yang benar-benar ingin Anda minati. Dunia kebugaran itu memiliki berbagai pilihan karena ada ruang untuk semua orang. Tidak semua kelas kebugaran, rutinitas, atau pelatih harus cocok dengan Anda," ujar Jess.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Ketahui kenapa Anda melakukannya

Dengan mengetahui apa yang menjadi alasan dibalik Anda melakukan olahraga tersebut dinilai dapat membuat Anda lebih semangat saat menjalaninya. Mengingat menyerah sangatlah mudah untuk dilakukan jika Anda tidak memiliki alasan yang baik dibaliknya.

"Kembalilah pada alasan tersebut setiap kali ingin membatalkan rencana berolahraga Anda. Menjaga fokus pada tujuan tersebut dapat membuat Anda lebih mudah mengelola rasa malas yang muncul," kata personal trainer, Sarah Mayland.

3. Tetap santai

Jika Anda ingin memotivasi diri untuk berolahraga, ingatlah untuk tetap santai, perlahan tapi pasti. Jika Anda terlalu keras atau terburu-buru, Anda akan lebih mudah merasa lelah. Cobalah untuk mengingat bahwa olahraga tidak harus selalu berintensitas tinggi.

"Anda akan segera merasakan bagaimana langkah kecil dan konsisten dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Ketahuilah bahwa perasaan lelah dan kewalahan yang dirasa akan berlalu. Ambillah selangkah demi selangkah,” kata pelatih olahraga, Deja Riley.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Cegah rasa sakit

"Rasa sakit atau pegal-pegal yang muncul itu mendorong otot-otot Anda untuk melakukan gerakan yang mungkin belum biasa Anda lakukan. Jadi itu adalah bagian dari proses untuk membuat Anda lebih terbiasa," ujar pelatih kebugaran, Sarah Pel Graca.

Jadi apabila Anda tahu nyeri otot akan terjadi, lakukanlah hal-hal kecil untuk melawannya. Seperti dengan meminum banyak air, tidurlah dengan cukup untuk mempersiapkan badan, dan selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu.

5. Jangan lupa istirahat

"Dengarkan tubuh Anda dan mulailah dengan secukupnya. Pastikan olahraga yang Anda lakukan itu aman dan jika merasa lelah, istirahatlah selama beberapa hari untuk kembali membangun energi dan motivasi," kata Sarah.

Saat memulai kembali, Anda juga bisa memulainya dengan konsisten berolahraga selama lima menit terlebih dahulu. Dengan begitu, rasa ingin terus berolahraga perlahan akan terbangun. Ketika aliran darah sudah terpompa, kemungkinan motivasi untuk berolahraga juga terpacu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya