Sukses

Curhat Warga Baduy Dalam ke Menkes Budi, Sulit Akses Lokasi Vaksinasi

Kendala masyarakat Baduy Dalam ikut vaksinasi COVID-19.

Liputan6.com, Ciboleger Demi mengajak lebih banyak masyarakat adat ikut vaksinasi COVID-19, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin akan mengunjungi Kampung Baduy Dalam di Kabupaten Lebak, Banten. Menurutnya, mereka mau diajak vaksinasi, namun mungkin terkendala.

"Untuk masyarakat adat, mereka mikir sama untuk bisa divaksin. Kita cari masalahnya gimana. Bisa kok (mereka diajak vaksinasi), asal komunikasinya dijalani dengan baik," tutur Budi Gunadi di sela-sela peninjauan vaksinasi di Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (14/10/2021).

"Nanti saya coba masuk ke dalam (kampung Baduy Dalam), mau lihat (kondisi). Kalau kita bisa yakinkan, mudah-mudahan teman-teman di dalam bisa diajak bekerja sama untuk vaksinasi."

Lebih lanjut, Budi Gunadi Sadikin menekankan, setiap warga negara berhak mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal itu pun sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

"Kalau lihat target SDGs poin ke-3 mengenai kesehatan, bunyinya to promote health life and wellbeing, for all people and ages people, itu ada filosofi equity, keadilannya, yakni memberikan kesehatan dan kesejahteraan ke semua orang dan umur," terangnya.

"Kalau saya lihat, orang itu memiliki hak yang sama seperti teman-teman divaksin. Saya berusaha keras, Baduy Dalam juga, itu tugas saya. Di Dieng, ada daerah adat tradisional, harus kita vaksinasi tanpa merusak kain sosial mereka. Karena mereka punya pemahaman dan pengertian masing-masing yang harus kita hormati."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkendala Akses ke Lokasi Vaksinasi COVID-19

Salah satu kendala masyarakat Baduy Dalam tidak atau belum divaksinasi terkait akses menuju lokasi vaksinasi. Lokasi vaksinasi yang menyasar warga Kabupaten Lebak, termasuk masyarakat Baduy (baik Baduy Dalam maupun Luar), misalnya, pada 14-15 Oktober 2021 digelar di Ciboleger.

Untuk menuju ke lokasi, warga Baduy Dalam harus berjalan kaki kurang lebih satu jam. Akses jalan pun berliku dan terbilang sulit dijangkau bagi masyarakat pada umumnya.

Seorang warga Baduy Dalam bernama Mursyid mengaku berjalan kaki sekitar satu jam ke lokasi vaksinasi. Ia pun berterima kasih kepada Budi Gunadi atas vaksinasi yang dilakukan Pemerintah.

"Saya ke sini jalan satu jam-an Pak. Kami, Baduy Dalam, banyak pertimbangan (buat vaksinasi). Akses ke kampung kami saja masih sulit, Pak. Memang ada akses pintu 1 sampai 5 yang mengarah ke kampung kami menuju ke perbatasan (perbatasan Baduy Dalam dan Luar)," ucapnya.

"Masih sulit akses jalan, masih rusak fasilitas perbatasan. Terlebih lagi pas di lokasi kampung kami yang kebakaran."

Sebelumnya, kebakaran terjadi di permukiman warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menghanguskan 23 unit rumah pada Rabu, 13 Oktober 2021. Semua rumah yang terbakar dikabarkan kondisinya rata dengan tanah

Mursyid berharap Menkes Budi Gunadi dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat membangun akses lebih cepat menuju Kampung Baduy Dalam. Sehingga memudahkan akses ke lokasi vaksinasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Tak Perlu Syarat Surat / KTP Domisili

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.