Sukses

Menkes Budi Gunadi Semangati Masyarakat Baduy Ikut Vaksinasi COVID-19

Sasaran masyarakat Baduy yang terdata untuk vaksinasi sebanyak 200 orang. Vaksinasi digelar selama 2 hari, yakni tanggal 14 dan 15 Oktober 2021.

Liputan6.com, Ciboleger Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyemangati masyarakat Kabupaten Lebak, Banten, khususnya Baduy untuk vaksinasi COVID-19. Hal tersebut demi upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat adat.

"Keinginan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) bagaimana percepatan vaksinasi kita. Terlebih lagi soal distribusi suntik vaksin ke lokasi daerah yang sulit dijangkau," kata Budi Gunadi dalam sambutan saat meninjau vaksinasi masyarakat Baduy di Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis, 14 Oktober 2021.

"Nah, gimana caranya kita masuk ke daerah terpencil tersebut. Komunitas Pencinta Alam, seperti Mandalawangi dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia sangat membantu kami."

Vaksinasi di Ciboleger menyasar masyarakat 1.000 jiwa untuk seluruh Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Dari jumlah tersebut, sasaran masyarakat Baduy yang terdata untuk vaksinasi sebanyak 200 orang.

Vaksinasi digelar selama 2 hari, yakni tanggal 14 dan 15 Oktober 2021.

"Saya terima kasih, terutama ke rakyat Lebak yang sudah mau mulai divaksin dengan baik. Untuk kebutuhan (tambahan) vaksin akan langsung kami drop, " tambah Budi Gunadi.

"Nanti tinggal dikasihnya ke mana. Bisa izin kerja langsung ke polisi, mau ke TNI. Karena saya juga sangat dibantu oleh TNI dan Polri."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi COVID-19 adalah Misi Sosial

Vaksinasi COVID-19, menurut Budi Gunadi Sadikin, sebenarnya bukan melindungi diri sendiri tapi kepentingan bersama.

"Karena enggak bakal hilang cepat. Polio sampai sekarang masih ada. Jadi, vaksin bukan individual, tapi lebih ke kepentingan sosial," ujarnya.

"Jadi yang penting bagaimana kita bisa hidup bersama mereka (virus Corona). Caranya adalah jangan sampai menularnya demikian cepat."

Salah satu untuk mengurangi laju penularan virus Corona dengan vaksinasi. Vaksin bukan sifat individualis, melainkan sangat sosialis.

"Vaksinasi melindungi keluarga kita, tetangga kita ya satu Kabupaten Lebak dilindungi gitu dan seluruh rakyat Indonesia juga," tambah Menkes Budi Gunadi.

"Misi sosialnya lebih banyak daripada misi individu. Makin banyak yang divaksin, makin susah virus Corona berkembang laju penularannya."

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini