Sukses

Skrining COVID-19 Berkala Mulai Dilakukan Satgas Prokes PON XX Papua

Skrining COVID-19 berkala kepada pihak yang terlibat PON XX Papua.

Liputan6.com, Mimika Skrining COVID-19 berkala mulai dilakukan kepada partisipan yang terlibat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Salah satunya, skrining COVID-19 berkala kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Subsatgas Prokes PON di Kabupaten Mimika.

Upaya skrining guna mengetahui apakah ada personil yang terpapar COVID-19. Hal ini dilakukan dengan test swab antigen oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mulai Senin, 11 Oktober 2021 di Posko Subsatgas Kabupaten Mimika.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika Yosias Lossu mengatakan, skrining COVID-19 sangat penting dilakukan mengingat kegiatan para personil yang selalu bersinggungan dengan orang banyak.

"Test swab antigen ini perlu dilakukan, karena para personil setiap harinya bertemu dengan orang banyak," kata Yosias, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Subsatgas Prokes PON Kabupaten Mimika pada Senin, 11 Oktober 2021.

"Skrining sebagai salah satu cara tracing (pelacakan) jika salah satu personil ada yang terpapar."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skrining dalam 3 Hari ke Depan

Kasubsatgas Prokes PON Kabupaten Mimika, Asep Supriatna menjelaskan, personil yang berada di Subsatgas telah bergabung selama dua pekan pada ajang PON XX Papua, sehingga perlu dilakukan swab antigen.

Test swab antigen ini akan dilakukan selama tiga hari ke depan disesuaikan dengan jadwal masuk para personil di Posko.

"Untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan dan melakukan mitigasi COVID-19, karena personil sudah bertugas kurang lebih dua minggu," jelas Asep melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Hari ini, total 60 orang melakukan tes dan Alhamdulillah semua negatif, test ini akan diadakan selama tiga hari ke depan dan nantinya, jika ada yang reaktif akan dilakukan PCR dan ditangani oleh Dinas Kesehatan Mimika."

Selain melakukan swab antigen, Asep menyatakan telah memberikan logistik untuk perkuat imun dan kebersihan diri.

"Sebelumnya, personil setiap hari dibekali vitamin, hand sanitizer dan juga sarung tangan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Lengah terhadap Covid-19, Ayo Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.