Sukses

Karantina 5 Hari Usai PON XX Papua, Wiku: Antisipasi Penularan COVID-19

Karantina 5 hari usai PON XX Papua demi mengantisipasi penularan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan COVID-19 mengeluarkan Addendum Kedua Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi COVID-19, khususnya aturan perjalanan bagi elemen yang berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Bahwa setibanya di daerah asal, mereka wajib karantina 5 hari dengan pengawasan protokol kesehatan (prokes). Kehadiran addendum karantina tersebut ada yang tidak setuju, karena dinilai membebani, terlebih lagi prokes di PON XX Papua dinilai sudah sangat ketat.

 

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menanggapi, aturan perjalanan orang dalam penyelenggaraan PON XX Papua demi mengantisipasi kemungkinan penularan COVID-19. Walau individu yang bersangkutan sudah negatif COVID-19 sebelum pulang, tetap perlu antisipasi penularan saat tiba di daerah asal.

"Pemerintah mengedepankan prinsip kehati-hatian. (Penerapan) Prokes ketat selama penyelenggaraan PON dan persyaratan tes PCR sebelum kepulangan dilakukan," terang Wiku kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Senin, 11 Oktober 2021.

"Namun, tetap perlu antisipasi penularan yang mungkin saja belum muncul manifestasinya, karena adanya masa inkubasi."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Penularan COVID-19 Setelah Ikut PON XX Papua

Demi mengantisipasi penularan virus Corona, karantina saat ketibaan di daerah asal bagi elemen yang ikut dalam PON XX Papua, perlu dilakukan. Ini juga bertujuan mencegah penularan COVID-19 setelah mengikuti PON XX Papua.

"Maka dari itu, diterapkan karantina 5x24 jam pasca ketibaan. Prinsipnya, kita menjaga kondisi nasional yang sedang terkendali," jelas Wiku Adisasmito.

"Tentunya, kita tidak ingin adanya efek penularan pasca penyelenggaraan event besar yang melibatkan interaksi fisik dalam kurun waktu yang tidak singkat."

Sebagaimana protokol kesehatan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang akan kembali ke daerah asalnya setelah mengikuti penyelenggaraan PON XX Papua 2021, wajib tes RT-PCR dan karantina selama 5 x 24 jam di fasilitas karantina/isolasi terpusat yang telah ditunjuk dan disiapkan oleh Pemerintah Provinsi dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah masing-masing.

Aturan yang diteken Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito pada 7 Oktober 2021 ini berlaku kepada seluruh Kontingen PON XX Papua 2021, Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON, anggota KONI Pusat, serta pegawai kementerian/lembaga yang mengikuti atau bertugas di kegiatan PON XX Papua 2021.

(Selengkapnya: Usai Ikut PON XX Papua, Wajib Karantina 5 Hari Setibanya di Daerah Asal)

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Vitamin yang Dianjurkan Saat Isolasi Mandiri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.