Sukses

Serangan Jantung Tak Lagi Mengenal Usia, Simak Sejumlah Tips Ini Anak Muda!

Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di dunia. Seiring berjalannya waktu, penyakit serangan jantung tak lagi mengenal usia.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di dunia. Seiring berjalannya waktu, penyakit serangan jantung tak lagi mengenal usia. Bukan hanya dialami orang tua dan lanjut usia, tapi juga sampai ke anak-anak muda.

Penelitian American Heart Journal menunjukkan terjadi peningkatan serangan jantung mendadak, sebesar 13 persen, pada usia muda dari 30 sampai 40 tahun.

Dilansir dari Hermina Hospital, faktor utama pemicu serangan jantung pada masa sekarang adalah gaya hidup yang tidak sehat. Seperti konsumsi makanan cepat saji, minuman keras, kebiasaan merokok, stres dan sejumlah penyakit yang menjadi penyebab serangan jantung (obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi.

Berikut tips mencegah serangan jantung pada usia muda diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Untuk tips pertama kamu bisa mulai dengan menghindari makanan berminyak seperti makanan cepat saji dan kadar gula tinggi. Pilih asupan makanan dan minuman yang lebih sehat, yakni sayur-sayuran, buah, protein, karbohidrat kompleks, dan minum air mineral yang cukup.

2. Olahraga Secara Rutin 

Cara kedua adalah dengan berolahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk jantung. Lakukan olahraga secara rutin dengan durasi sekitar 30 minat seperti aerobik setiap minggu atau olahraga ringan setiap hari seperti berjalan santai, jogging dan lainnya. Dengan begitu bisa membantu jantung selalu sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kelola Stres dengan Baik

Setiap orang pasti tak luput dari tekanan masalah pekerjaan, hubungan dengan keluarga, dan pertemanan. Pastikan semua yang menyulitkan harus bisa dikendalikan dengan baik. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan seseorang memiliki gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Berhenti Merokok dan Minuman Keras

Berhenti atau hindari kebiasaan merokok dan minuman keras di usia muda. Kebiasaan itu dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit jantung. Dikarenakan banyak kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

5. Cek Kesehatan secara Berkala

Periksa kondisi kesehatanmu secara berkala. Penyakit jantung umumnya jarang diketahui karena tidak menimbulkan gejala yang serius pada masa awalnya. Untuk mengatasinya, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan seperti kadar kolesterol jahat, tekanan darah, dan kadar gula darah dalam tubuh.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini