Sukses

Pilihan Waktu dan Tips Menyajikan Buah untuk Si Kecil

Buah mengandung sejuta manfaat, tidak terkecuali untuk si Kecil. Makanan sehat ini kaya akan mikronutrien yang penting untuk memastikan kelangsungan proses metabolisme dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan mengandung beragam vitamin dan mineral penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Selain itu, buah juga merupakan sumber mikronutrien, antioksidan hingga asam lemak baik. Rendahnya konsumsi buah pada si Kecil dapat menyebabkan gangguan kesehatan akibat kekurangan gizi.

Tidak hanya itu saja, si Kecil perlu sekali mengonsumsi buah sejak dini karena makanan sehat yang satu ini terbukti dapat menurunkan risiko penyakit. Dengan konsumsi buah yang cukup, daya tahan tubuh si Kecil akan meningkat sehingga tidak mudah sakit.

Dikutip dari KlikDokter, para ahli menganjurkan setiap orang tua untuk memberikan buah pada si Kecil setiap hari. Sejak awal pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan, si Kecil sudah boleh mengonsumsi buah.

Berdasarkan panduan pemberian makanan pendamping ASI yang dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization), buah boleh dikonsumsi sebagai camilan. Di usia 6–8 bulan, Bunda dapat memberikan si Kecil buah sebanyak 1 atau 2 kali sehari. Sedangkan di usia 9–12 bulan, si Kecil boleh mengonsumsi buah sebanyak 2 kali sehari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Si Kecil Makan Buah

Tidak ada waktu khusus untuk si kecil mengonsumsi buah. Namun, Bunda dianjurkan untuk memberikan buah pada si Kecil di waktu-waktu berikut ini.

  • Camilan pagi, yaitu di antara waktu sarapan dan makan siang
  • Camilan sore, yaitu di antara makan siang dan makan malam
  • Setelah makan malam, tepatnya 1 atau 2 jam sebelum tidur. Pada momen ini, berikan buah yang tinggi kalium dan magnesium, seperti pisang. Dengan demikian, si Kecil akan tidur lebih nyenyak.

Panduan tersebut bukanlah sesuatu yang baku. Bunda bisa mengubah atau menyesuaikannya dengan kondisi dan selera si Kecil. Apalagi di awal-awal pemberian, tidak sedikit ada si Kecil yang menyukai buah, penyebabnya macam-macam. Entah masih asing dengan teksturnya, bentuknya tidak menarik dan lainnya.

Maka dari itu, cara penyajian buah mesti benar-benar diperhatikan. Berikan buah sesuai dengan kemampuan si Kecil mengunyah, menelan, dan memegang makanan.

Apabila si Kecil masih berusia 6 hingga 12 bulan, sebaiknya berikan buah dalam bentuk pure. Adapun buah-buahan yang baik dikonsumsi dan mudah dicerna si kecil antara lain pisang, pepaya, alpukat, jeruk, apel, pir, kiwi, mangga hingga buah naga.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini