Sukses

Sederet Manfaat Calon Orang Tua Mengikuti Parenting School

Menjadi orang tua artinya akan dihadapkan dengan beragam masalah anak. Seringnya, masalah yang dihadapi anak saat ini berbeda dengan masalah yang dialami orang tua di masa lampau.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern dan erat dengan teknologi saat ini, menjadi orang tua tidakah mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, termasuk dihadapkan dengan beragam masalah anak. Sebab, masalah yang dihadapi anak saat ini berbeda dengan masalah yang dialami orang tua di masa lampau. 

Nah, parenting school atau kelas parenting menawarkan solusi terhadal permasalahan tersebut. Dikutip dari KlikDokter, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, kelas atau sekolah parenting dapat membantu orang tua agar lebih percaya diri pada saat melakukan pengasuhan.

Parenting school memberikan orang tua wawasan yang lebih baik tentang anak-anak serta gaya pengasuhan yang tepat. Sebab, perkembangan anak pun turut berubah seiring zaman, sehingga orang tua membutuhkan informasi dan adaptasi yang sesuai. 

Merujuk kepada studi dari University of Washington di Amerika Serikat, orang tua bisa mengurangi kecenderungan anak terkena depresi atau gangguan kecemasan dengan menggunakan pola asuh yang sesuai dengan kepribadian anak.  

Sebaliknya, jika orang tua memakai pola asuh yang tidak sesuai dengan kepribadian anak, maka kemungkinan anak mengalami depresi atau kecemasan juga dapat meningkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parenting School Tawarkan Hal Penting

Mengutip dari laman Casa de Los Ninos, sekolah atau kelas parenting dirancang dengan menawarkan beberapa hal berikut:

  • Seputar perkembangan anak
  • Gaya pengasuhan dan disiplin
  • Komunikasi yang efektif
  • Keterampilan dan teknik yang digunakan di rumah saat berinteraksi dengan anak-anak.

Kebanyakan kelas parenting akan mengajarkan ayah dan ibu untuk lebih memahami peran mereka sebagai orang tua. Konten di kelas juga akan disesuaikan dengan usia anak, misalnya untuk kelas parenting balita atau anak remaja pasti dibedakan. 

Di samping itu, beragam manfaat lain juga bisa didapatkan, baik untuk orang tua maupun anaknya. 

  • Membantu ayah dan ibu lebih percaya diri sebagai orang tua
  • Orang tua dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan anak-anak mereka
  • Membantu orang tua membesarkan anak menjadi baik, produktif, sukses, serta berbaur dalam masyarakat
  • Menawarkan gaya pengasuhan sesuai kepribadian anak, sehingga bisa terhindar dari dampak negatif salah pola asuh
  • Membantu orang tua memahami penyebab masalah muncul dan apakah hal tersebut normal atau mungkin memerlukan bantuan profesional
  • Memberikan perspektif baru tentang gaya pengasuhan orang tua

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, mengikuti kelas atau sekolah parenting bisa menjadi solusi orang tua untuk membesarkan anak.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini