Sukses

Kenali Jenis dan Gejala Kanker Payudara pada Pria

Jenis dan gejala kanker payudara pada pria.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker payudara sering dianggap sebagai penyakit yang menyerang wanita. Akan tetapi, kanker payudara juga dapat terjadi pada pria.

Kanker payudara pria adalah kanker langka yang terbentuk di jaringan payudara pria. Melansir Mayo Clinic, penyakit ini bisa terjadi pada pria dengan usia berapa pun. Namun, penyakit ini lebih banyak menyerang pria yang lebih tua.

Meski memiliki peluang terkena kanker payudara lebih rendah dibanding kaum wanita, para pria tetap harus mewaspadai gejala penyakit ini.

Pria yang didiagnosis dengan kanker payudara pria pada tahap awal memiliki peluang bagus untuk sembuh. Perawatan biasanya melibatkan pembedahan untuk mengangkat jaringan payudara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Kanker Payudara yang Menyerang Pria

Berdasarkan laman kesehatan Centers for Disease Control and Prevention, jenis kanker payudara yang paling umum pada pria adalah jenis yang sama pada wanita, yaitu:

- Karsinoma duktal invasif. Sel-sel kanker dimulai di saluran dan kemudian tumbuh di luar saluran ke bagian lain dari jaringan payudara. Sel kanker invasif juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

- Karsinoma lobular invasif. Sel kanker dimulai di lobulus dan kemudian menyebar dari lobulus ke jaringan payudara yang berdekatan. Sel-sel kanker invasif ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

- Karsinoma duktal in situ (DCIS), penyakit payudara yang dapat menyebabkan kanker payudara invasif. Sel kanker hanya berada di lapisan saluran, dan belum menyebar ke jaringan lain di payudara.

3 dari 4 halaman

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Ada beberapa kondisi yang memang bisa dicurigai sebagai tanda kanker payudara pada pria. Secara umum gejala kanker payudara pada pria bisa meliputi:

1. Muncul Benjolan

Melansir WebMD, pria dengan kanker payudara biasanya memiliki satu atau lebih benjolan. Biasanya muncul di dada atau di bawah ketiak.

Keberadaan benjolan yang menjadi gejala kanker payudara pada pria ini cenderung tidak menyakitkan.

2. Perubahan pada Kulit Payudara

Dengan kanker payudara, bagian payudara pria mungkin akan terlihat berlesung pipit, terkadang menyerupai tekstur kulit jeruk Kerutan, yakni tampak terlipat atau berkerut Bersisik, merah, atau bengkak

3. Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara

Ketika mengalami kanker payudara, para pria mungkin akan melihat perbedaan dalam ukuran atau bentuk area payudaranya.

4. Masalah Puting

Dengan kanker payudara, puting pria mungkin akan masuk ke dalam atau mengeluarkan cairan bening atau berdarah dan menyebabkan rasa nyeri di sekitar puting.

Secara umum, kanker payudara menyebabkan gejala yang sama pada pria dan wanita.

 

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.