Sukses

Sehatkah Konsumsi Produk Olahan Jagung? Ini Penjelasannya

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi

Liputan6.com, Jakarta - Jagung memiliki banyak manfaat kesehatan. Jagung yang belum diproses mengandung nutrisi penting termasuk serat, magnesium, fosfor, dan kalium. Namun, bagaimana dengan produk olahan jagung?

Banyak makanan dan minuman seperti sereal, soda, dan minyak goreng yang mengandung jagung olahan yang tidak memiliki nilai gizi. Meski begitu bukan berarti semua jagung tidak memiliki nutrisi. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang jagung dan nilai gizinya.

"Jagung dapat memiliki nilai gizi tergantung bagaimana sayuran ini disiapkan. Jagung dapat menyediakan sumber serat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah pencernaan seperti penyakit divertikular," kata seorang dokter kedokteran keluarga di One Medical, Amber Robins MD, dikutip Insider pada Minggu, 3 Oktober 2021.

Aturan praktisnya, semakin sedikit jagung yang diproses, semakin sehat jagung tersebut. Misalnya, satu cangkir biji jagung dari tongkolnya mengandung sejumlah besar:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kandungan Jagung

1. Serat: 4,6 gram atau sekitar 18 persen dari nilai harian yang direkomendasikan (DV) untuk rata-rata orang dewasa.

2. Magnesium: 47 miligram atau sekitar 13 persen dari target yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Magnesium penting untuk membantu menjaga kestabilan gula darah dan tekanan darah serta mengatur fungsi otot dan saraf.

3. Fosfor: 124 miligram atau sekitar 17 persen dari jumlah yang disarankan untuk rata-rata orang dewasa. Fosfor bekerja sama dengan kalsium untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat.

4. Kalium: 414 miligram atau sekitar 8 persen DV untuk rata-rata orang dewasa. Kalium bekerja sama dengan natrium dalam tubuh dan penelitian telah menemukan bahwa peningkatan kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Seng: Satu miligram atau sekitar 10persen dari kuota harian rata-rata orang dewasa. Seng membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan menyembuhkan luka.

 

3 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Popcorn

Bagaimana dengan popcorn? Popcorn ini berasal dari biji jagung kering dan dianggap sebagai gandum utuh, ini merupakan bentuk nutrisi jagung. Satu porsi popcorn mengandung 14 persen dari kebutuhan serat harian serta beberapa zat besi, vitamin B-6, dan magnesium.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari popcorn, sebaiknya hindari penggunaan mentega dan garam.

Lantas seperti apa produk olahan jagung? Ini lebih ke produk yang lebih diproses. Ada berbagai tingkat produk olahan jagung. Untuk beberapa produk, seperti tortilla jagung, keripik jagung, sereal jagung, tepung jagung, dan tepung jagung, jelas mengandung jagung olahan.

Begitu pula dengan sirup jagung dengan fruktosa tinggi atau minyak, sejumlah nutrisinya telah dihilangkan dengan proses seperti penggilingan basah.

"Inilah saat jagung kehilangan nilai gizinya," kata Robbins.

Jadi, jika Anda ingin makan lebih sehat, Anda tidak harus menghindari jagung sama sekali. Anda hanya perlu fokus pada makanan utuh yang tidak diproses yang kaya dan bergizi.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.