Sukses

Peduli Lansia? Ayo Ajak Mereka Vaksinasi COVID-19

Semangat peduli lansia dengan ajak mereka vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengimbau seluruh lapisan masyarakat terus mengkampanyekan semangat peduli lansia dan membantu kebutuhan mereka pada masa sulit ini. Hal ini juga bertepatan memperingati Hari Lansia Internasional.

Hari Lansia Internasional diperingati setiap 1 Oktober menjadi momentum menumbuhkan kesadaran dan perhatian masyarakat terkait kesejahteraan lansia, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) RI Usman Kansong menekankan, lansia Indonesia diharapkan tetap sehat, aman, dan terlindung dari COVID-19.

“Mari, kita dukung dan bantu perlindungan kesehatan mereka, dengan cara percepatan vaksinasi, agar terhindar dari gejala berat, bahkan akibat buruk lain dari virus COVID-19," tuturnya melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (1/10/2021).

Peringatan Hari Lansia Internasional juga menumbuhkan harapan atas peningkatan layanan kesehatan, produktivitas, kesejahteraan, dan kemudahan akses vaksinasi bagi setiap lansia di Indonesia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepatan Vaksinasi COVID-19 Lansia

Percepatan vaksinasi COVID-19 bagi 21,5 juta lansia masih terus digencarkan. Penambahan suntikan tiap harinya dilakukan agar vaksinasi terhadap lansia cepat rampung.

Per 30 September 2021, sudah sekitar 30 persen dari sasaran lansia yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau setara 6,4 juta orang. Kemudian sekitar 20 persen di antaranya, sudah mendapatkan dosis lengkap.

Selain akselerasi vaksinasi, Pemerintah terus menyusun berbagai program guna memberikan layanan dan jaminan bagi lansia, seperti Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Program ini menjadi usaha pemerintah untuk terus melindungi dan mempersiapkan lansia sejahtera, bermartabat, dan bahagia sejak dini.

Salah satu program andalannya, program jaminan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk lansia, jaminan pensiun, jaminan kesehatan, pengaktifan balai-balai sosial, dan kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhan lansia.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh Lansia Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.