Sukses

Perhatikan Kebiasaan Berkumur yang Baik dan Aman Setelah Sikat Gigi

Berkumur merupakan salah satu kebiasaan yang harus dilakukan usai sikat gigi.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menggosok gigi, berkumur setelah sikat gigi adalah tindakan penting yang harus dilakukan. Dengan berkumur dapat meningkatkan efektivitas pencegahan infeksi gigi.

Namun, dokter spesialis konservasi gigi, drg Rio Suryantoro SpKG, mengingatkan, untuk tidak berkumur hingga mengalahkan rutinitas sikat gigi. Sebab, menggosok gigi lebih penting dan berpengaruh pada kesehatan gigi dibanding berkumur,

Rio juga menyarankan untuk menghindari penggunaan obat kumur yang mengandung klorheksidin secara berlebihan saat berkumur usai sikat gigi.

"Obat kumur yang baik bahkan bisa menggunakan air garam. Kalau berkumur dengan obat kumur yang bersifat drugs, seperti klorheksidin, jangan digunakan terlalu sering. Maksimal 2 minggu sekali," kata Rio pada Instagram Live Q&A Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada Rabu sore, 29 September 2021.

Hal ini disebabkan klorheksidin dapat menurunkan bakteri secara signifikan, tapi menyebabkan overgrowth (pertumbuhan berlebih) jamur pada gigi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Berikut ini adalah tindakan-tindakan pencegahan penting lainnya yang harus diperhatikan selain menggosok gigi dan berkumur:

- Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur. Periksakan gigi Anda ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Meskipun Anda tidak memiliki keluhan terhadap kesehatan gigi dan mulut, banyak keuntungan yang didapat dengan rutin memeriksakan gigi. Apabila ada kelainan pada gusi, kerusakan gigi, atau penyakit yang lebih serius, dokter dapat mendeteksinya lebih awal.

- Selalu menggunakan sikat gigi yang tepat. Pemilihan sikat gigi yang tepat juga memberi dampak kepada kesehatan gigi. Batas penggunaan sikat gigi Anda paling lama adalah tiga bulan. 

- Berlatih menggunakan benang gigi. Anda dianjurkan untuk rutin menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membantu menghilangkan plak dan memertahankan kesehatan gigi.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya tidak sulit. Yang terpenting adalah tetap konsisten dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas Anda, kata Rio.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.