Sukses

Pentingnya Memeriksa Kesehatan Gigi di Masa Pandemi COVID-19

Kini Anda tidak perlu takut memeriksa gigi di tengah masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya pedoman pelayanan kedokteran gigi selama pandemi COVID-19 yang dikeluarkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) membuat masyarakat tidak perlu merasa cemas untuk memeriksakan gigi sekarang.

Masyarakat tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan menerapkan aturan ketat untuk mengurangi risiko penularan virus Corona penyebab COVID-19 saat pemeriksaan atau tindakan. 

Dokter spesialis konservasi gigi, drg Rio Suryantoro SpKG, menyarankan agar masyarakat untuk tetap melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara teratur walau masih pandemi COVID-19.

Jangan biarkan permasalahan pada gigi dan mulut Anda menjadi buruk dan menyebabkan perluasan infeksi ke organ lain.

"Mau masa pandemi, dokter gigi itu sudah punya panduan-panduan untuk bekerja melayani masyarakat. Jangan sampai kondisi kepenyakitan yang sudah ada sekarang malah menjadi buruk menyebabkan perluasan infeksi dan mengganggu organ lain," kata drg Rio saat Instagram Live di akun Kementerian Kesehatan Gigi Republik Indonesia pada Rabu sore, 29 September 2021.

Rio juga menambahkan,"Jika Anda masih ragu, coba tanyakan dulu ke help care provider-nya akan protokol kesehatan yang dijalankan di dokter gigi tersebut agar lebih yakin.".

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertologan Pertama Saat Gigi Sakit

Rio, menjelaskan, di seluruh bagian tubuh manusia terdapat banyak bakteri yang sebagian besar tidak berbahaya, begitu pula di dalam mulut. Keadaan mulut dan gigi yang sehat dapat membantu mencegah bakteri berkembang secara berlebihan dan mengurangi risiko terbentuknya plak dan karang gigi.

Menggosok gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur sangat mendukung terciptanya kondisi mulut yang sehat.

Keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat memberikan bakteri di dalam mulut keleluasaan untuk berkembang biak, sehingga memungkinkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Dokter gigi sebenarnya merupakan tindakan medik operatif. Tindakan pembedahan kepada pasien yang menggunakan pembiusan lokal atau tanpa pembiusan. Ketika Anda mengalami infeksi gigi, segeralah ke dokter gigi.

Akan tetapi tidak selalu orang dapat langsung ke dokter gigi saat infeksi baru terjadi. Terkadang kita harus membuat janji temu, yang di mana mengharuskan kita memberikan pertolongan pertama terhadap infeksi itu terlebih dahulu.

Rio, mengatakan, cara paling ampuh untuk menangani rasa sakit pada gigi adalah dengan membersihkan are gigi dari sisa makanan yang menjadi faktor penyebab infeksi. Minumlah obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit dan segera konsultasikan pada dokter.

 

Reporter: Lianna Leticia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini