Sukses

Vaksinasi COVID-19 ke-1 RI Capai 90 Juta dan Vaksin Lengkap Capai 50 Juta

Inilah capaian vaksinasi COVID-19 di Indonesia per 29 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, Dr Reisa Broto Asmoro mengungkapkan bahwa cakupan vaksinasi di tanah air per Rabu, 29 September 2021, pukul 12.00 WIB hampir mencapai 90 juta orang untuk dosis pertama.

Ada pun angka pastinya yaitu 89.822.987 orang yang telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 ke-1.

Reisa, mengatakan, angka capaian vaksinasi COVID-19 ke-1 tersebut sama dengan seperti memvaksinasi hampir seluruh populasi Vietnam. Bahkan, kalau diibaratkan, Indonesia sudah memvaksinasi hampir tiga kali populasi Malaysia.

"Tentu bukan capaian yang kecil bagi upaya gotong royong lebih dari 100ribu vaksinator, ratusan ribu relawan, mahasiswa, aparatur sipil negara, dan anggota TNI Polri yang tak kenal lelah mengelola sentra vaksinasi COVID-19 di seluruh penjuru Indonesia," kata Reisa saat Siaran Pers PPKM yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu sore, 29 September 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Capaian Vaksinasi COVID-19 ke-2 di Indonesia

Sementara capaian vaksinasi COVID-19 dosis lengkap di Indonesia sudah mencapai lebih dari 50 juta atau lebih tepatnya 50.412.993 dosis per siang hari ini.

"Ini pun jumlah yang tidak kecil. Capaian ini sama saja dengan memvaksinasi hampir seluruh populasi Singapura dengan 10 kali putaran," kata Reisa.

"Dan jangan lupa, kita lakukan semuanya dalam kurun waktu sembilan bulan, dari pertengahan Januari tahun ini sampai dengan sekarang," Reisa menambahkan.

Lebih lanjut Reisa, mengatakan, tentu saja vaksinasi COVID-19 nasional tidak akan berhenti sampai di sini,"Selamat dan salut kepada semua yang sudah bekerja keras, bergotong royong, mewujudkan perlindungan yang merata bagi semua anak bangsa.".

 

3 dari 4 halaman

Vaksinasi COVID-19 Digenjot

Reisa, mengingatkan, masih banyak saudara kita yang belum mendapatkan haknya.

"Tentu kita tidak akan berhenti sampai di sini. Kita pastikan vaksinasi merata dan setara," katanya.

"Akan didapatkan semua lansia yang masuk kategori, penyandang disabilitas yang sudah tercatat, dan anak-anak kita tercinta. Prinsip merata diberlakukan juga untuk warga negara asing," Reisa menambahkan.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Timeline Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.