Sukses

Antisipasi Lonjakan Kasus Seperti di Singapura, Pemerintah Percepat Vaksinasi Lansia

Guna mengantisipasi risiko lonjakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di negara-negara tetangga, pemerintah meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada.

Liputan6.com, Jakarta Guna mengantisipasi risiko lonjakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di negara-negara tetangga, pemerintah meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada. Walaupun penanganan COVID-19 terus membaik, semua pihak harus tetap disiplin memakai masker dan segera vaksinasi guna mengoptimalkan perlindungan kesehatan, terutama pada kelompok lansia yang memiliki risiko mortalitas lebih tinggi.

“Seperti kita ketahui, peningkatan kasus COVID-19 terjadi di beberapa negara, salah satunya di Singapura. Menurut laporan, terdapat 1.939 kasus baru di Singapura pada Minggu (26/9/2021), tertinggi sejak April 2021. Kita semua harus bekerja sama untuk menghindari hal seperti ini terjadi diIndonesia,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melalui keterangan pers, Senin (27/9/2021).

Dalam lonjakan kasus tersebut, dua kematian pertama adalah dari kelompok lansia. Kematian pertama yang dilaporkan adalah seorang wanita Singapura berusia 97 tahun yang dites positif terinfeksi COVID-19 pada 18 September 2021 dan meninggal karena komplikasi akibat penyakit tersebut pada 25 September 2021.

Adapun, kematian kedua adalah seorang wanita Singapura berusia 69 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada hari 24 September 2021 dan meninggal karena komplikasi akibat penyakit pada hari yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih ada ancaman COVID-19

Menkominfo Johnny menjelaskan bahwa setidaknya ada dua pelajaran penting yang harus diambil dari peristiwa tersebut. Pertama, ancaman COVID-19 masih terus bersama kita. Karena itu, masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan disiplin memakai masker, menghindari kerumunan, rajin cuci tangan, dan mempercepat vaksinasi. Kedua, bahwa lansia menjadi kelompok dengan tingkat risiko kematian paling tinggi akibat COVID19. Oleh karena itu, Menkominfo Johnny mengajak semua kelompok lansia untuk segera melakukan vaksinasi.

Dia juga meminta pihak keluarga untuk membantu dan mendorong para lansia untuk segera tervaksinasi. “Mari kita antar dan kawal orang tua atau saudara kita yang sudah lanjut usia ke tempat vaksinasi terdekat. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan motorik, ayo kita bantu agar lebih mudah mendatangi lokasi vaksinasi. Bila terdapat kekhawatiran lain, misalnya penyakit penyerta, kita temani juga mereka ke dokter untuk mendapatkan saran ahli.

Pastikan mereka segera mendapatkan suntikan vaksinasi, untuk menekan risiko sakit berat dan kematian. Kita ketahui, para lansia memiliki risiko mortalitas tinggi,” tegasnya. Pemerintah juga mengharapkan kerja sama dari petugas Posko PPKM di desa, Puskesmas, dan sentra sentra vaksin untuk membantu memberikan keistimewaan dan kemudahan akses bagi para lansia.

 

3 dari 4 halaman

Strategi percepatan vaksinasi

Pemerintah daerah juga diminta menyusun strategi percepatan vaksinasi dan menyelesaikan kendala yang menghambat vaksinasi lansia sesuai kebutuhan di tiap daerah.

“Selain itu, mari kita bekerja bersama menangkal penyebaran informasi yang keliru, untukmengamankan para lansia keluarga kita dari paparan hoaks, terutama terkait vaksinasi,” imbuhnya.

Per 27 September, tercatat 29% dari sasaran vaksinasi lansia yang sudah mendapatkan vaksinasidosis pertama atau setara dengan 6,25 juta orang. Sementara itu, lansia yang telah mendapatkanvaksinasi lengkap sebanyak 19,9% atau setara dengan 4,3 juta orang. Pemerintah menargetkan21.553.118 orang lansia mendapatkan proteksi kesehatan melalui vaksinasi COVID-19.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.