Sukses

Gubernur Ridwan Kamil Sebut PTM di Jabar Sesuai Pemerintah Pusat

PTM Jawa Barat menurut Ridwan Kamil sudah memenuhi syarat yang diberikan pusat

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Ridwan Kamil menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah Jawa Barat telah sesuai dengan pemerintah pusat.

Menurut Ridwan Kamil syarat sekolah bisa menggelar PTM adalah seluruh tenaga pendidikan sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19

"Sekolah bersangkutan berada di PPKM level 1 sampai 3. Peserta didik lebih dari 12 tahun wajib divaksin dan terakhir sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Ridwan Kamil di Bandung pada Senin, 27 September 2021.

Ridwan Kamil, mengatakan, teknis pelaksanaan PTM yaitu durasi belajar maksimal tiga jam per harinya. PTM sekali sepekan untuk satu jenjang kelas tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapasitas Kelas Selama PTM

Sedangkan kapasitas yang diperbolehkan adalah 50 persen dari total siswa di kelas, kecuali Sekolah Luar Biasa (SLB) yang diperbolehkan 100 persen dan Paud 33 persen dengan maksimal lima peserta didik per kelas.

"Selanjutnya, jarak antarsiswa minimum 1,5 meter," kata Ridwan Kamil.

Penggunaan masker, tameng wajah (faceshield), dan protokol kesehatan yang ketat diberlakukan pula untuk mencegah paparan COVID-19.

Ridwan Kamil menegaskan materi yang disampaikan kepada pelajar saat PTM adalah hanya materi esensial.

"Angka kita menghitung kewaspadaan secara teliti," kata Ridwan Kamil.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat per 25 September 2021, jumlah SMA yang dibuka untuk pertemuan tatap muka (PTM) sebanyak 730 sekolah. Sementara SMK 760 sekolah, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) 117 sekolah. 

3 dari 3 halaman

Infografis Klaster Covid-19 Bermunculan di Sekolah Selama PTM Terbatas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.