Efek Samping Minuman Berkafein Sebabkan Kekurangan Vitamin D?

Oleh Melly Febrida pada 27 Sep 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi kopi
Perbesar
Ilustrasi kopi (Sumber: Pixabay/kaboompics)

Liputan6.com, Jakarta - Asupan kafein memiliki efek samping untuk kandungan vitamin D di tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila Anda teratur mengonsumsi minuman berkafein ini dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap Vitamin D.

Dikutip Eat This, peneliti medis di China dan Brasil bekerja sama melakukan penelitian yang akan dipublikasikan di International Journal for Vitamin and Nutrition Research

Studi ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menyimpulkan bahwa konsumsi kafein dikaitkan dengan penurunan penciptaan reseptor Vitamin D.

Untuk menyelidikinya, penelitian ini memeriksa data nutrisi yang dikumpulkan lebih dari 13.000 peserta dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional antara tahun 2005 dan 2006. Dengan menyesuaikan sejumlah variabel terkait kesehatan lainnya, peneliti memeriksa kemungkinan klinis bahwa kekurangan vitamin D berdasarkan asupan kafein.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perlu Penelitian Lebih Lanjut

Para peneliti menyimpulkan bahwa semakin banyak individu yang minum kafein, semakin besar kemungkinan mereka mengalami kekurangan vitamin D.

Dalam abstrak penelitian, penulis dengan jelas menyatakan: "Asupan makanan yang lebih tinggi dari kafein dikaitkan dengan kekurangan [Vitamin D] dalam sampel yang diwakili populasi Amerika."

Para peneliti menambahkan bahwa mungkin diperlukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan apakah kafein benar-benar menyebabkan kekurangan vitamin D ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Perbesar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya