Sukses

Masyarakat Diminta Pilih Ruang Publik yang Wajibkan PeduliLindungi

Pilihlah ruang publik yang wajibkan PeduliLindungi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat untuk memilih ruang publik yang sudah mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Tujuannya, tingkat keamanan dan kenyamanan pengunjung lebih tinggi, diiringi penerapan protokol kesehatan terutama memakai masker.

"Jika masyarakat harus mengunjungi ruang publik, pilihlah tempat yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai alat skrining akses masuk," kata Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (24/9/2021).

"Mari jaga diri, mari jaga sesama."

Yang tak kalah penting, Pemerintah mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Aktivitas masyarakat diharapkan dapat terus berangsur pulih, tanpa mengeskalasi risikopeningkatan kasus COVID-19.

"Meski kondisi pandemi di Indonesia telah menunjukkan perbaikan, tetap mengurangi mobilitas di ruang publik," pesan Plate.

Potensi gelombang baru COVID-19 dapat terjadi akibat peningkatan mobilitas masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan harus selalu diterapkan untuk menghindari risiko lonjakan kasus COVID-19 di kemudian hari.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobilitas Jawa-Bali Meningkat

Johnny G. Plate memaparkan  data Kementerian Kesehatan, sejak tanggal 2 Agustus 2021 telah terjadi peningkatan mobilitas masyarakat di Indonesia. Saat ini mobilitas masyarakat, khususnya di Jawa dan Bali meningkat secara signifikan.

Data tersebut juga sejalan dengan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dirilis pada 15 September 2021. Laporan menyatakan, sepekan terakhir mobilitas masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten naik.

"Peningkatan mobilitas yang saat ini, bahkan sudah menyamai kondisi sebelum pandemi, harus menjadi perhatian bersama. Kita semua selalu waspada dan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan," tambah Menkominfo Plate.

"Ya, agar peningkatan mobilitas masyarakat bisa terus sejalan dengan upaya penanganan pandemi COVID-19."

Oleh karena itu, selain menerapkan PPKM berlevel, Pemerintah juga memperkuat penerapan aturan perjalanan domestik dan internasional. Hal ini dilakukan beriringan dengan penguatan pengawasan di pintu-pintu masuk internasional ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Cara Atasi Error Aplikasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.