Sukses

Donasi 2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia dalam 2 Tahap

Sebanyak 2 juta vaksin Sinovac tiba di Indonesia hari ini, Jumat, 24 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali menerima kedatangan dua tahap vaksin Sinovac pada hari ini Jumat, 24 September 2021. Pertama, tahap 78 sejumlah 1.000.000 dosis vaksin donasi dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Kedua, tahap 79 berupa 1.000.000 dosis vaksin donasi dari Sinovac. Adanya dua tahap kedatangan vaksin ini menambah total jumlah vaksin yang sudah hadir di Indonesia dalam bentuk bahan baku (bulk)dan jadi sebanyak 273.639.790 dosis.

Saat menyambut donasi vaksin Sinovac, Jumat (24/9/2021), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah RRT, perusahaan Sinovac, dan Red Cross Society China dalam mendukung ketersediaan vaksin COVID-19 di Indonesia.

Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Xiao Qian menambahkan, donasi vaksin Sinovac merupakan bentuk dukungan Pemerintah RRT bagi Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19.

Ini menyusul bantuan 120 ventilator, 400 oksigen generator, dan peralatan kesehatan lainnya yang sudah tiba pada Agustus 2021.

“Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta kerja sama seluruh bangsa Indonesia, RRT percaya Indonesia akan segera dapat mengalahkan pandemi dan memulihkan perekonomian,” tutur Dubes Xiao Qian.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Donasi Vaksin COVID-19 Lagi ke Indonesia

Sejak pandemi COVID-19 bermula, Indonesia dan RRT telah melakukan berbagai kerja sama penanggulangan COVID-19, terutama terkait penyediaan vaksin. Hingga saat ini, Sinovac dan Sinopharm mengekspor 215 juta dosis vaksin ke Indonesia.

"RRT juga secara aktif mendukung Indonesia dalam pembangunan Regional Vaccine Manufacture Hub (Pusat Pembuatan Vaksin Regional)," terang Xiao Qian melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Kami yakin dalam waktu dekat Indonesia tidak hanya akan dapat memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, melainkan juga mengekspor vaksin ke negara-negara tetangga."

Dubes RRT menegaskan, pihaknya akan terus mendukung Indonesia dalam menanggulangi pandemi. Sebagai tambahan dari 1.000.000 dosis vaksin, RRT juga akan kembali mendonasikan 1.000.000 dosis vaksin kepada Pemerintah Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Posisi Proning, Bantu Pernapasan Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.