Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Libido Menurun Saat Stres, Ini 4 Cara Hidupkan Kembali Gairah Seks yang Padam

Gairah seks berpotensi merosot saat stres. Dalam hal ini, mengatasinya dengan cara yang tepat jadi kunci.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan selama pandemi COVID-19 berlangsung, pemicu stres kian meningkat. Seks memang bisa dijadikan pereda stres lewat endorfin yang meningkat. Namun gairah seks juga berpotensi merosot saat stres lho.

"Efek samping paling umum dari stres adalah menurunnya gairah seks. Stres yang kian meningkat dapat berdampak pada sistem saraf Anda, membuat seks dan libido tidak diprioritaskan pada saat itu," ujar edukator seks Kiana Reeves dikutip Bustle, Jumat (24/9/21).

Studi oleh OnePoll pada tahun 2021 mengungkapkan, 56 persen dari 2.000 partisipan mengalami kecemasan terkait kondisi dunia dan itu menjadi penghambat bagi dorongan seks mereka.

Stres memang dinilai dapat mempengaruhi tingkat gairah, pelumasan, hingga keinginan untuk berhubungan seks. Sehingga dalam hal ini, mengatasi stres dengan cara yang tepat menjadi kunci.

"Dengan mencoba memaksakan diri untuk tidak terlalu stres justru membuat Anda bisa lebih tertekan. Jadi cobalah temukan ketenangan itu dengan cara yang lebih sederhana," kata Kiana.

Kiana menjelaskan, Anda bisa mencobanya dengan bermeditasi selama beberapa menit, berjalan-jalan di luar, berkomunikasi dengan orang tersayang, atau melakukan aktivitas yang jauh dari gadget.

Tak hanya itu, berikut hal-hal yang bisa Anda coba untuk menghidupkan kembali gairah seks yang padam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cintai dan rawat diri sendiri

Saat stres, seseorang cenderung tidak memiliki semangat untuk melakukan banyak hal. Bahkan untuk merawat dan mengasihi dirinya sendiri. Maka mulailah dengan hal-hal sederhana yang bisa membuat Anda kembali berbahagia.

"Kurang tidur, kepusingan di tempat kerja atau rumah, dan rutinitas kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi libido. Pastikan Anda tidur cukup, tetap bersenang-senang, dan menciptakan kreativitas untuk meningkatkan gairah seksual," ujar terapis psikoseksual dan konselor pasangan, Cate Mackenzie.

Cate menjelaskan bahwa melakukan kebaikan pada diri sendiri setiap harinya dapat meningkatkan gairah seks seseorang. Namun penting untuk mengingat bahwa kecil kemungkinannya gairah seks bisa langsung meningkat hanya dalam waktu singkat.

"Kecil kemungkinan dorongan seks akan langsung berubah dari 0 menjadi 100 dalam semalam. Bangun suasana tersebut untuk dapat meningkatkan mood Anda," kata Cate.

2. Catat hal yang Anda senangi

"Mulailah dengan menulis atau mencatat hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda bahagia. Rekamlah semua hal baik. Seperti kamu suka warna apa, aroma apa, apa yang membuat Anda semangat," ujar Cate.

Pada tahap ini, Anda akan terstimulasi untuk lebih bahagia. Carilah hal-hal yang Anda sukai dan tidak sukai.

 

3 dari 4 halaman

3. Tidak ada patokan

Sex and Intimacy Coach Irene Fehr menjelaskan, dorongan seks bukanlah sesuatu yang konstan. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh perubahan seperti usia, hormon, tahapan kehidupan, dan tingkat kenyamanan emosional dalam suatu hubungan yang dinamis.

"Standar tentang seberapa sering Anda seharusnya berhubungan seks atau seberapa cepat Anda harus terangsang itu menyesatkan dan berbahaya. Ini menyebabkan banyak rasa malu bagi orang-orang yang memiliki libido yang sehat dan kuat," ujarnya.

Seks merupakan hal yang berbeda bagi setiap orang dan setiap waktu. Maka dengan memahami dorongan seks diri sendiri dapat membantu Anda untuk dapat lebih berekspresi dan menikmati seks.

4. Ekspresikan gairah seks

Cara lain untuk meningkatkan gairah seks berhubungan dengan bagaimana cara Anda mengekspresikan hal tersebut. Irene menjelaskan, jika Anda tidak memiliki kosakata yang cukup untuk menjelaskan apa yang Anda inginkan, maka sulit untuk mengungkapkan apa yang menjadi kebutuhan.

"Bereksperimen lah menggunakan cara yang membuat Anda bergairah. Bagi sebagian orang, memuji bagian tubuh satu sama lain bisa meningkatkan gairah,"

"Bagi beberapa orang lainnya, percakapan dari hati ke hati bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan koneksi dan bergairah,” kata Irene.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.