Sukses

Jangan Berekspektasi Tinggi, Ini Kebiasaan yang Bikin Gagal Diet

Diet dilakukan untuk mencapai berat badan yang terkontrol dan tubuh ideal, tetapi banyak kebiasaan yang menyebabkan Anda gagal diet.

Liputan6.com, Jakarta - Diet merupakan pola makan dengan mengonsumsi makanan dengan cara dan sumber makanannya diatur. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Program diet adalah pilihan bagi seseorang yang merasa kelebihan berat badan. Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi impian banyak orang.

Biasanya, banyak orang yang konsisten melakukan program diet dibarengi dengan berolahraga. Karena, saat membakar kalori dengan beraktivitas, tubuh akan mempercepat laju metabolisme. Dengan kata lain, semakin mudah pula Anda untuk menurunkan berat badan.

Dilansir Klikdokter, Kamis (23/9/21), berikut kebiasaan yang menjadi penyebab gagal diet :

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Melewatkan sarapan

Jika Anda sedang diet, melewatkan sarapan adalah kesalahan besar. Agar diet Anda berhasil, sebaiknya sarapan dalam jumlah cukup di pagi hari, mengkonsumsi 25 persen dari kebutuhan kalori dalam sehari.

3 dari 7 halaman

2. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat

Saat diet, tidak salah untuk mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein. Semuanya tetap harus dikonsumsi, tetapi dalam jumlah yang tepat.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Tidak mengonsumsi karbohidart sama sekali akan menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini memicu berat badan turun sesaat, kemudian akan naik lagi.

4 dari 7 halaman

3. Tidak Ngemil

Tidak ngemil sama halnya seperti tidak mengonsumsi karbohidrat, anda akan mengalami berat badan turun sesaat, kemudian naik lagi.

Bila Anda merasa lapar saat diet, jangan menahan diri untuk makan dan membuat Anda sengsara. Pilihlah camilan yang bergizi seperti buah-buahan atau oat.

5 dari 7 halaman

4. Ekspetasi Terlalu Tinggi

Memang menurunkan berat badan membutuhkan waktu, mempunyai ekspetasi yang tinggi menjadi salah satu penyebab Anda gagal diet. Anda akan cepat menyerah karena merasa diet tidak berhasil.

6 dari 7 halaman

5. Kurang Minum Air Putih

Air putih penting untuk membakar kalori. Jika Anda dehidrasi, metabolisme akan melambat sehingga penurunan berat badan pun menjadi sangat lambat. Cobalah menambah segelas air tiap makan berat dan camilan.

 

Penulis : Alicia Salsabila

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.