Sukses

Ahli Beberkan Keuntungan Kebiasaan Sikat Lidah Saat Gosok Gigi

Kebiasaan sikat lidah saat gosok gigi punya banyak manfaat lho

Liputan6.com, Jakarta - Menyikat lidah saat gosok gigi menjadi salah satu rutinitas bagi beberapa orang. Meskipun mungkin terasa tidak nyaman di awal, kebiasaan sikat lidah punya beragam manfaat lho.

"Gesekan pada lidah tidak dapat menggantikan manfaat menyikat gigi dan flossing gigi, tapi penelitian menunjukkan bahwa membersihkan lidah dapat membantu menjaga nafas tetap segar," ujar senior director Quip, Maha Yakob dikutip Bustle, Rabu (22/9/21).

Yakob, menjelaskan, sikat lidah saat gosok gigi jadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi bau mulut atau halitosis. Pembersihan lidah dikaitkan dengan penurunan bakteri penyebab gigi berlubang, masalah pada gusi, dan kondisi lainnya yang berpotensi memengaruhi mulut.

"Ini juga dapat memerbaiki penampilan dari lidah Anda, dapat menghilangkan kekuningan untuk memperlihatkan warna asli lidah yakni merah mudah," ujarnya.

Menurut National Institute of Health, tujuan dari menyikat lidah adalah untuk membersihkan penumpukan bakteri, sisa makanan, dan kotoran lainnya pada permukaannya. Namun, apabila dilakukan terlalu banyak justru akan menimbulkan halitosis.

"Lidah adalah sumber utama bau mulut. Menurut laporan di Geriatric Medicine Journal, lapisan kotoran (biofilm) pada lidah menyebabkan hingga 50% kasus bau mulut," ujar dokter gigi Dr. Chris Salierno, D.D.S.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara menyikat lidah yang baik

The Journal of Contemporary Dental Practice turut mengungkapkan bahwa menyikat dan menggosok sepanjang permukaan lidah dapat mengurangi aroma yang tidak sedap dari mulut secara signifikan.

Ditambah, penelitian di Jepang pada tahun 2020 juga mengungkap bahwa menyikat lidah tidak akan mengangkat bakteri baik yang ada dalam mulut.

Banyak orang menggunakan pengikis pada bagian belakang sikat gigi untuk menyikat lidah. Namun, bagaimana sebenarnya cara terbaik untuk menyikat lidah?

Journal of Applied Oral Science mengungkapkan, cara menyikat lidah yang baik adalah dengan menggunakan teknik X di mana Anda dapat melakukan enam kali pengulangan yang membentuk tanda X pada seluruh bagian lidah.

"Jangan menggosok pada bagian sisi lidah, berfokuslah pada bagian tengah. Melakukannya satu hari sekali sudah cukup, itu bagian dari rutinitas yang baik untuk pagi Anda," ujar Chris.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.