Sukses

Kendala Akses ke Lokasi Vaksinasi COVID-19 Kerap Dialami Lansia

Kendala akses menuju lokasi vaksinasi COVID-19 dialami lansia.

Liputan6.com, Jakarta Kendala akses menuju lokasi vaksinasi COVID-19 rupanya kerap dialami lansia. Di sisi lain, program vaksinasi COVID-19 harus dipercepat bagi kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dan difabel.

“Vaksin dosis pertama lansia masih 26 persen, dosis kedua 18 persen. Padahal, untuk mortalitas (kematian), lebih dari setengahnya adalah lansia, kasus aktif juga sebagian besar adalah lansia,” tutur Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Alexander Ginting pada dialog Ayo Pakai Masker, Ayo Cepat Vaksin pada Selasa, 21 September 2021.

"Salah satu kendala utama yang kerap dialami lansia saat hendak melakukan vaksinasi adalah kendala akses menuju lokasi vaksinasi," katanya.

Menurut Alex, kendala serupa juga menjadi penghalang kelompok difabel yang mempunyai keterbatasan motorik dan sensorik. Oleh karena itu, ia meminta seluruh sentra vaksinasi COVID-19 dapat memberikan kemudahan akses kepada kelompok lansia, difabel, dan kelompok rentan lainnya.

"Bagi masyarakat sekitar, terutama keluarga dari kelompok rentan juga diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu percepatan vaksinasi bagi mereka," lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edukasi Lakukan Vaksinasi COVID-19

Anggota Satgas Penanganan COVID-19 Sub Bidang Mitigasi Falla Adinda juga memastikan, ketersediaan vaksin COVID-19 yang ada di Indonesia sudah mencukupi. Fokus saat ini lebih dititikberatkan pada distribusi vaksin dan edukasi publik untuk bersedia segera melakukan vaksinasi.

“Indonesia sangat terberkati, terima kasih kepada pemerintah atas upayanya dalam ketersediaan vaksin," ujarnya melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

"Kita memiliki vaksin dalam jumlah yang memadai dan berbagai merek. Tugas kita berikutnya adalah dalam hal distribusi serta menyakinkan masyarakat untuk sadar vaksinasi."

Berdasarkan data per 21 September 2021, total vaksin COVID-19 yang sudah tiba di Indonesia dalam bentuk bahan baku (bulk) maupun bentuk jadi adalah 267.550.400 dosis.

Jumlah tersebut sudah termasuk kedatangan dua tahap vaksin COVID-19 pada 21 September 2021 di Bandara Soekarno-Hatta. Pertama, vaksin tahap ke-71 berupa 5.000.000 dosis CoronaVac produksi Sinovac.

Kedua, vaksin tahap ke-72 berupa 200.000 dosis Sinopharm, yang merupakan hibah dari Red Cross of Society China melalui mekanisme bilateral. (Selengkapnya: 5 Juta Vaksin Sinovac dan 200 Ribu Sinopharm Tiba di Indonesia)

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.