Sukses

Gandeng Dokter Berpengalaman, AlteaCare Permudah Pasien Check-Up Secara Daring

Turut majukan sektor kesehatan Indonesia dengan berikan layanan rumah sakit terintegrasi dalam satu aplikasi berbasis teknologi terkini

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan zaman dan pandemi COVID-19 telah mengubah kondisi dan kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia yang tengah menjadi prioritas utama saat ini, terutama kebutuhan akan Fasilitas Kesehatan dan layanan rumah sakit.

Menanggapi keluhan tersebut, Kementerian Kesehatan Indonesia bekerja sama dengan AlteaCare -- sebuah aplikasi telemedicine -- kini berikan solusi atas kebutuhan kesehatan dan layanan rumah sakit terintegrasi secara virtual dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertamanya. 

Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D selaku Wakil Menteri Kesehatan Indonesia mengapresiasi langkah AlteaCare sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan dalam meluncurkan aplikasi telemedicine yang dapat membantu masyarakat umum untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dengan cara mudah dan cepat.

“Kementerian Kesehatan mendukung inovasi yang telah dilakukan oleh AlteaCare dan mendorong rumah sakit lainnya untuk turut serta memasuki ekosistem digital AlteaCare demi memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yakni layanan pasien secara virtual,” tuturnya dalam virtual press launch AlteaCare, Selasa (21/9/2021).

Dr. Dante juga berharap dengan adanya AlteaCare, pasien yang memiliki kesulitan untuk melakukan check-up dapat langsung berkonsultasi akan keluhan dan komplikasi yang timbul dengan mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggandeng jaringan RS Mitra Keluarga

Sebagai langkah awal diluncurkannya aplikasi telemedicine ini, AlteaCare menggandeng salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertama, khususnya sebagai penyedia tenaga kesehatan, dokter spesialis handal serta penyediaan obat. AlteaCare menampilkan fitur yang user friendly, proses yang mudah hingga pembayaran fleksibel menggunakan virtual account, GoPay atau kartu kredit.

 

3 dari 3 halaman

Fitur yang ditawarkan oleh AlteaCare

Adapun fitur yang ditawarkan oleh AlteaCare adalah telekonsultasi klinis dengan dokter spesialis berpengalaman, analisis kondisi pasien dari medical assistance AlteaCare, pembelian obat, registrasi vaksin termasuk vaksin Covid-19, pemesanan layanan laboratorium dan tes diagnosa yang semuanya dilakukan secara daring.

“Dalam mendukung upaya masyarakat untuk tetap sehat, kami hadir untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat tanpa perlu ada rasa khawatir, mengutamakan rasa aman dan nyaman untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman secara virtual melalui video yang dapat diakses dimanapun pasien berada." jelas Chief Executive Officer AlteaCare, Mikaela Oen.

Selain itu AlteaCare juga menjamin ketersediaan obat bagi para pengguna dengan pembelian obat langsung dari rumah sakit terdekat pasien dan diantarkan langsung ke rumah. 

"Konsultasi melalui panggilan video juga merupakan fitur utama kami guna memaksimalkan keefektifan konsultasi klinis agar dapat mempermudah para dokter spesialis dalam memberikan informasi dan edukasi seputar diagnosis, evaluasi, hingga pencegahan dan pengobatan penyakit.”

Untuk memberikan layanan terpadu, kedepannya AlteaCare juga akan bekerja sama dengan pihak asuransi dan juga perusahaan-perusahaan dengan memberikan fitur yang disesuaikan.

 

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.