Sukses

Gelar Mukernas, PMI Bahas Percepatan Vaksinasi COVID-19

PMI Provinsi secara pro-aktif menggalang dukungan menyukseskan program vaksinasi COVID-19 pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual. Mukernas pertama dalam situasi pandemi ini diikuti pengurus PMI dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia dan seluruh Pengurus Pusat. Berdasarkan laporan dari 34 provinsi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19, akan ditingkatkan pelibatan PMI dalam percepatan program vaksinasi nasional.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla meminta PMI Provinsi secara pro-aktif menggalang dukungan untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 pemerintah. Jusuf Kalla optimis, target dua juta vaksinasi bisa dicapai PMI seluruh Indonesia.

"Makin cepat vaksinasi akan mempercepat pemulihan ekonomi," katanya dalam keterangan pers, ditulis Senin (20/9/2021).

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said, mengatakan, PMI telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pelatihan relawan PMI sebagai tenaga vaksinator. PMI, lanjut Sudirman, akan mengutamakan daerah yang serapan vaksinnya rendah.

"Seluruh provinsi menyampaikan perhatiannya bersama-sama untuk mempercepat vaksinasi. Akan ada rapat teknis direncanakan untuk peningkatan target vaksinasi," kata Sudirman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemetaan wilayah vaksinasi

Ketua Bidang Kesehatan Fachmi Idris menambahkan, pemetaan wilayah vaksinasi telah dilakukan PMI bersama Kementerian Kesehatan. Vaksinator dari PMI pun, lanjutnya, telah tersedia dari beberapa gelombang pelatihan yang sudah terlaksana.

"Kemenkes setuju, dengan syarat tenaga kesehatan dari PMI dan telah bertemu dengan Dirjen, dengan syarat tentukan titik lokasi dan waktunya karena terkait dengan teknik pengiriman," ujarnya

 

3 dari 4 halaman

Bahas stok darah

Mukernas yang berpusat di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini dipimpin Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita. "Meskipun sederhana, musyawarah kerja nasional PMI tetap optimal. Mukernas ini, merupakan Mukernas dua tahun berturut-turut untuk tahun 2020 dan 2021. Demikian dikatakan Ginandjar.

"Tahun lalu tidak dilaksanakan mukernas, karena sibuk atas respon (covid-19). Mukernas dilaksanakan dengan memanfaatkan tekhnologi, dan mukernas tahun ini adalah mukernas untuk 2 tahun berturut-turut sehingga tidak melanggar AD/ART," jelasnya.

Selain vaksinasi, Mukernas juga membahas penyediaan stok darah. Dalam catatan kesimpulan, Sudirman Said juga mengapresiasi pengurus daerah yang melakukan inovasi untuk meningkatkan stok darah, termasuk stok plasma konvalesen. Menutup kesimpulan Mukernas Sudirman Said mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang telah membantu dukungan dana.*

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lampaui Target, Jakarta Sudah Aman?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.