Sukses

6 Cara Masak Telur Pengaruhi Kandungan Nutrisinya

Ragam cara bisa dilakukan saat masak telur, direbus, digoreng, dikukus

Liputan6.com, Jakarta - Telur merupakan makanan tinggi vitamin dan mineral yang bagus sebagai sumber protein lengkap, serta bebas karbohidrat, serat, dan gula.

Terkesan sebagai menu sederhana, tapi telur memiliki banyak cara masak yang dapat berpengaruh terhadap kandungan nutrisi di dalamnya.

Mengutip Food Network, Senin (20/9/2021), berikut adalah beberapa cara untuk memasak telur yang sehat dan bergizi:

1. Orak-arik

Biasa disebut juga dengan scrambled egg, cara memasak ini cukup praktis dan cepat. Cukup dengan memecahkan telur ke wajan kemudian aduk rata dengan api kecil. Teruslah mengaduk hingga matang dan berwarna kekuningan.

Beberapa resep juga mencampurkannya dengan susu bahkan krim yang tentu saja dapat meningkatkan asupan lemak dan kalori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rebus

Caranya cukup dengan mendidihkan air kemudian masukkan telur selama enam sampai 10 menit, bergantung pada seberapa matang hasil akhirnya nanti.

Semakin lama proses merebus, semakin padat pula bagian kuning telurnya. Olahan rebusan telur bisa diolah kembali menjadi menu lain atau menjadi pelengkap dalam salad.

3. Rebus tanpa Cangkang

Berbeda dengan metode pertama, cara kedua adalah dengan merebus telur tanpa cangkang.

caranya persis seperti yang biasa dilakukan ketika mengolahnya saat membuat mi instan. Tuang perlahan telur yang sudah dipecahkan ke dalam air mendidih dan biarkan sampai matang.

4. Goreng

Dengan memberikan sedikit minyak atau mentega di wajan, pecahkan telur dan masak hingga matang. Biasanya berupa telur ceplok atau sunny side up yang diberi bumbu seperti garam atau lada saat proses memasaknya.

 

3 dari 4 halaman

5. Dadar

Untuk membuat telur dadar atau omelet, cukup dengan menuangkan telur yang sudah dikocok ke panci yang telah dipanaskan. Kemudian kecilkan api dan masak hingga benar-benar matang.

Terkadang, Anda juga perlu membaliknya agar matang sempurna.

6. Panggang

Untuk membuat telur panggang, Anda cukup menyiapkan telur dan isian sayur. Isiannya bisa disesuaikan dengan sayuran yang dalam stok di rumah, seperti buncis, wortel, jagung manis, paprika, cabe, daun bawang atau bayam. Sebaiknya potong kecil sayuran yang akan dijadikan isian agar bisa lunak saat dipanggang.

Tuangkan kocokan telur dengan potongan sayur ke dalam loyang muffin hingga 3/4 penuh. Lalu, panggang dalam oven panas selama 20 menit hingga telur matang.

Secara garis besar, metode memasak telur yang singkat dengan suhu tidak terlalu tinggi adalah yang terbaik. Jika Anda sedang mengurangi asupan kalori, telur rebus adalah pilihan terbaik.

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Infografis Boleh dan Tidak Boleh Sebelum - Setelah Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.