Sukses

Menkes Budi Optimistis 150-175 Juta Orang Bakal Sudah Divaksinasi pada Desember 2021

Target di atas 150 juta orang divaksinasi optimis tercapai Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin optimistis 150-175 juta orang Indonesia akan sudah mendapat vaksinasi COVID-19 pada Desember 2021. Perhitungan tersebut dengan melihat kecepatan penyuntikan dan kedatangan vaksin yang kian banyak.

"Kita sudah mencapai lebih dari 100 juta dosis suntikan. Kalau saya lihat, 50 juta dosis berikutnya, jadi total jadi 150 juta dosis itu kira-kira (tercapai) di minggu pertama September, ya dalam waktu 5 minggu," kata Budi Gunadi saat acara Wealth Class - How To Live With COVID-19 In The Long Run baru-baru ini.

"Melihat seperti ini, ada akselerasi vaksinasi. Diperkirakan akhir Desember 2021, harusnya sudah sampai mendekati 300 juta dosis suntikan dari target 400-an juta dosis."

Perhitungan ketercapaian 300 juta dosis suntikan tersebut, menurut Budi Gunadi Sadikin setara dengan 150-175 juta orang yang divaksinasi. Capaian vaksinasi nasional pun diprediksi lebih dari 70 persen.

"Harusnya hitung-hitungan kami ya di atas 150 juta, antara 150-175 juta orang yang divaksinasi atau sudah lebih dari 70 persen populasi Indonesia,"

"Kalau capaian vaksinasi 70 persen dari populasi kan 70 persen dikali 208 juta target vaksinasi. Itu sekitar 160 juta orang. Feeling (perkiraan) saya di akhir Desember mungkin, Insha Allah antara 150-175 orang sudah divaksin."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sehari 1,7 Juta, Target 2 Juta Suntikan Optimis Tercapai

Perihal target 2 juta suntikan per hari sebagaimana arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Budi Gunadi Sadikin juga memperhitungkan optimis tercapai.

"Kita sudah nyundul-nyundul angka 1,7 suntikan (per hari). Ini pengalaman kami soal sistem komunikasi kita kan belum ideal gitu ya. Terkadang nyuntik hari ini, dimasukin ke sistemnya tercatat 5 hari ke depan," terangnya.

"Angka vaksinasi juga terus bergerak. Sekarang sudah agak stabil pergerakannya. Feeling saya yang 1,7 suntikan beberapa hari lalu, harusnya sudah dekat ke 2 juta."

Lebih lanjut, Menkes Budi mengatakan, pergerakan vaksinasi tetap dipantau. Kalau dilihat, misalnya, hari Kamis, Jumat normal, Sabtu turun, Minggu rendah 300.000. Kemudian hari Senin mulai naik.

"Lalu Selasa, Rabu paling tinggi. Kita lihat lajunya dari Senin ke Senin atau yang Selasa ya dari Selasa ke Selasa. Ya, kalau kita sudah sampai di atas 2 juta suntikan per hari, harusnya is pretty safe (cukup aman)," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Boleh dan Tidak Boleh Sebelum - Setelah Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.