7 Bahan Alami yang Bermanfaat untuk Atasi Rambut Rontok

Oleh Liputan6.com pada 15 Sep 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2021, 10:00 WIB
Cegah Rambut Rontok, 5 Manfaat Baik Seledri Bagi Rambut
Perbesar
Ilustrasi rambut sehat (unsplash.com/Yoann Boyer)

Liputan6.com, Jakarta - Rambut rontok kerap kali dialami para wanita. Tidak hanya dialami mereka yang tua, tapi juga yang muda.

Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tetapi kamu juga perlu mewaspadai saat rambut berjatuhan secara berlebihan. Sebab, ini bisa memicu kebotakan.

Melansir WebMD, Selasa (14/9/2021), berikut tujuh bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok agar terhindar dari kebotakan.

1. Minyak Jojoba

Selain melembabkan rambut, minyak jojoba diketahui dapat membantu mengatur kadar minyak alami pada folikel rambut sehingga produski minyak yang dihasilkan tidak berlebihan dan kerontokan pada rambut berkurang.

Minyak ini membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat, dan tidak meninggalkan residu di kulit kepala setelah dicuci.

Untuk menggunakan perawatan rambut rontok alami ini, hangatkan beberapa tetes minyak di tangan Anda, pijat ke akar Anda dan kemudian bilas setelah 10-15 menit menggunakan sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok.

Kandungan dalam aloe vera dapat mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Bawang Merah

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, mengaplikasikan potongan bawang merah ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan kembali rambut, terutama pada kasus alopecia areata (kerontokan rambut pada titik-titik kulit kepala tertentu).

Bawang merah mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dikatakan mereka yang menggunakan jus bawang terlihat peningkatan pertumbuhan rambut setelah 6 minggu.

Haluskan bawang merah dengan blender. Setelah itu, ambil sarinya untuk dioleskan ke kulit kepala dan rambut. Pijat-pijat agar meresap, lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian, keramas seperti biasa. Lakukan satu hingga dua kali dalam seminggu.

4. Minyak Kelapa

Ada alasan begitu banyak sampo dan kondisioner berbahan dasar kelapa. Kelapa dikenal karena kemampuannya melembapkan. Kebetulan, salah satu alasan utama kerontokan rambut adalah kulit kepala yang rusak karena kekeringan.

Untuk mengatasi kerontokan secara alami yang disebabkan oleh kekeringan dan mengembalikan kesehatan folikel rambut Anda, pijat minyak kepala ke akar Anda dan diamkan selama 10 menit sehari. lalu bilas

5. Kuning telur

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok lainnya adalah kuning telur. Kandungan peptida yang larut dalam air pada kuning telur memiliki sifat merangsang pertumbuhan rambut dan mungkin berguna untuk mengobati rambut rontok.

Kocok 1 kuning telur lalu oleskan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama sekitar 30 menit baru keramas menggunakan sampo dan dilanjut dengan kondisioner. Lakukan setidaknya seminggu sekali.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG merangsang pertumbuhan sel dermal papillae kulit kepala.

Selain itu, dapat pula membantu dalam pencegahan serta pengobatan alopesia androgenetik.

Seduh kantong teh hijau ke dalam secangkir air panas selama 5-10 menit dan saring. Biarkan larutan menjadi agak dingin baru diminum. Mama bisa mengonsumsinya 1-2 kali sehari.

7. Sari Cuka Apel

Selain kerusakan yang disebabkan oleh kekeringan, kerontokan juga bisa disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Ketika folikel rambut tersumbat dan kekurangan minyak, bakteri menumpuk dan minyak sehat menjadi langka, mengakibatkan rambut rontok dan bahkan berpotensi kebotakan.

Untuk memperbaiki folikel yang tersumbat, cobalah membilas kulit kepala Anda dengan campuran sari cuka apel dan air. Lakukan satu hingga dua kali kali seminggu. Perawatan rambut rontok alami ini dapat memberikan keajaiban untuk membuka pori-pori dan mendorong pertumbuhan kembali.

 

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya