Sukses

Menkes Budi Akui Kebobolan Varian Delta, Kurang Ketat Jaga Sisi Laut

Menkes Budi Gunadi mengakui kebobolan Varian Delta karena kurang ketat jaga pintu masuk Indonesia sisi laut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengakui kebobolan Varian Delta masuk ke Indonesia. Hal ini dinilai kurang ketat menjaga pintu masuk Indonesia dari sisi laut.

"Kita bisa lihat bahwa pintu masuk kemarin yang lonjakan Varian Delta, kita agak kebobolan. Karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya," ungkap Budi Gunadi saat Rapat Kerja Komisi IX DPR RI pada Senin, 13 September 2021.

"Banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India. Pada waktu itu, mereka diizinkan mendarat, sehingga banyak menurunkan penumpang."

Berdasarkan data Kemenkes periode 28 Desember 2020-10 September 2021, pelaku perjalanan yang terdeteksi masuk melalui pintu sisi laut dan karantina berjumlah 29.542 orang. Dari jumlah tersebut, rata-rata yang melakukan entry test 65 persen dan 28 persen exit test.

Rincian kedatangan dari sisi laut (pelabuhan), di antaranya:

  1. Laut Benoa dan Celukan Bawang, Denpasar 241 orang, 100 persen entry test dan exit test
  2. Nunukan, Tarakan 1.211 orang, 100 persen entry test, 83 persen exit test
  3. Tanjung Pinang 929 orang, 100 persen entry test, 88 persen exit test
  4. Batam 27.161 orang, 62 persen entry test, 23 persen exit test

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebaran Varian Delta Eksponensial

Budi Gunadi Sadikin menekankan, dampak masuknya varian virus Corona baru di Indonesia, khususnya Delta. Ketika masuk ke Indonesia, penyebaran Varian Delta menyebar luas dan mendominasi hasil Whole Genome Sequencing (WGS).

"Sekitar Februari-Maret 2021 masuk Varian Delta, yang kemudian meningkat penyebarannya secara eksponensial mulai di bulan Juni ya, sesudah Lebaran," tegasnya.

"Kalau ini tidak terjaga dengan baik, dikawal maka bisa menyebar dengan sangat cepat dan menguasai landscape dari varian-varian lainnya. Penting bagi kita menjaga border (perbatasan) pintu-pintu masuk internasional, memperketat yang namanya entry dan exit test, termasuk juga mendisiplinkan proses karantina."

Data Badan Litbangkes Kemenkes periode Januari-11 September 2021, dari 6.161 sekuens yang ditelusuri, total kasus Varian Delta sebanyak 2.471. Provinsi dengan jumlah kasus Varian Delta terbanyak, antara lain:

  • DKI Jakarta 825
  • Jawa Barat 383
  • Kalimantan Timur 299
  • Jawa Tengah 196
  • Nusa Tenggara Timur (NTT) 102
3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19 Delta Plus Merebak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.