Sukses

PPKM Diperpanjang Terus, Kapan Berakhir?

PPKM diperpanjang hingga 20 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah pada Senin, 13 September 2021 kembali mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 20 September 2021. Banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan PPKM akan berakhir alias tidak diperpanjang.

Terkait hal itu, Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa PPKM bakal terus diperpanjang sampai kasus COVID-19 terkendali. 

"Presiden (Joko Widodo) sudah memberi arahan kepada kami tidak akan mengakhiri PPKM ini sampai betul-betul COVID-19 ini terkendali," kata Luhut dalam konferensi pers pada Senin, 13 September 2021.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan bahwa PPKM adalah alat penting untuk memonitor keadaan Indonesia di masa pandemi.

"Kalau dilepas, tidak dikendalikan terus bisa ada gelombang (COVID-19) berikutnya," katanya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Terus Berubah

Dalam kesempatan ini Luhut juga mengatakan bahwa kebijakan PPKM memang sering diubah tergantung evaluasi penanganan kasus di tempat itu.

"Mungkin ini sering dibaca sebagai kebijakan yang berubah-ubah, atau sering disebut sebagai kebijakan tidak konsisten. Justru, itulah yang harus kita lakukan untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan ekonomi," kata Luhut.

Selain itu, virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 juga terus bermutasi maka penanganan yang dilakukan juga harus sesuai dengan perubahan yang terjadi.

"Kita membaca bagaimana sifat varian Delta ini, dan kita lakukan perubahan strategi kita untuk menghadapi itu. Dan, mungkin itu sebabnya salah satu kenapa kita cepat buat perbaikan di Indonesia," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Aturan di Tempat Makan, dari PSBB, sampai PPKM Level 3 - 4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.