Sukses

Deretan Manfaat Serat Bagi Tubuh dan Makanan Tinggi Serat yang Enak Dikonsumsi

Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bila selama ini, Anda dan anak-anak kurang makan serat, maka kebiasaan itu perlu diubah. Sebab serat itu tak hanya membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit alias konstipasi, tetapi banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Buat Anda yang lupa atau mungkin belum tahu manfaat serat bagi tubuh, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat saat mengonsumsi serat secara rutin.

  1. Mengatasi penyakit saluran cerna
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Mengatasi obesitas
  4. Menjaga kadar gula darah
  5. Menurunkan kadar kolesterol
  6. Menurunkan risiko kanker usus besar

Melihat banyaknya manfaat bagi kesehatan, sudah saatnya untuk menambah dan meningkatkan asupan serat bagi tubuh. 

Berdasarkan angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan serat harian seseorang bervariasi. Kebutuhan tersebut dibagi berdasarkan usia dan jenis kelamin seperti berikut.

  • Kebutuhan serat pria sekitar 27-37 gram per hari.
  • Kebutuhan serat wanita sekitar 27-32 gram per hari.
  • Kebutuhan serat bayi dan anak-anak sekitar 11-23 gram per hari.

Untuk tahu apa saja makanan mengandung serat, berikut ini daftarnya seperti dikutip dari KlikDokter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Tinggi Serat

1. Oatmeal

Di dalam secangkir oatmeal mengandung sekitar 4 gram serat. Anda dapat menjadikan oatmeal sebagai sarapan pagi dengan menambahkan bahan lain dengan takaran secukupnya.

2. Ubi Jalar

Sebanyak satu porsi ubi jalar mampu menyediakan 3,8 gram serat yang baik. Ubi jalar juga dapat diolah menjadi berbagai menu camilan menarik, seperti donat atau biji salak.

3. Pisang

Identik sebagai buah yang mengandung karbohidrat dan potasium yang mampu menyuplai tenaga untuk aktivitas sehari-hari, pisang juga mengandung 3,1 gram serat, lho!

 

3 dari 3 halaman

Makanan Tinggi Serat

4. Apel

Apel mengandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil. Rutinlah mengonsumsi apel dan lihat perbedaannya pada tubuh Anda maupun si Kecil.

5. Alpukat

Alpukat termasuk ke dalam kategori buah yang mengandung serat. Di dalam setengah mangkuk alpukat mengandung serat hingga sekitar 5 gram.

6. Buah Pir

Bisa dikatakan bahwa pir adalah rajanya buah berserat. Sebab, buah pir utuh berukuran sedang saja bisa mengandung 5,5 gram serat. 

7. Sereal

Hampir semua anak menyukai sereal dengan susu dingin. Satu kotak sereal siap makan dapat mengandung 3 sampai 14 gram serat di setiap porsinya sajiannya.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan manfaat serat dan makanan tinggi serat. Tetap kombinasi asupan serat dengan zat gizi lainnya juga, ya, agar tubuh sehat secara keseluruhan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini